Selasa, 24 November 2020

Komite Olimpiade Internasional Akan Tentukan Nasib Para Atlet Rusia

Komite Olimpiade Internasional Akan Tentukan Nasib Para Atlet Rusia

Lausanne, Swamedium.com — Sembilan belas atlet Rusia telah dilarang seumur hidup berpartisipasi di berbagai olimpiade karena penggunaan doping.

Komite olimpiade internasional (IOC) akan memutuskan pada pekan depan apakah Rusia dapat berkompetisi pada olimpiade musim dingin 2018 di Korea Selatan.

Lima atlet Rusia yang lainnya baru saja dilarang seumur hidup berpartisipasi di berbagai olimpiade pada Senin (27/11) setelah kelimanya dinyatakan telah menggunakan doping saat mereka mengikuti olimpiade musim dingin 2014 di Sochi, Rusia.

IOC melarang peraih medali emas bobsleigh atau bobsled, (1) Aleksei Negodailo dan (2) Dmitry Trunenkov, peraih medali perak biathlon, (3) Yana Romanova dan (4) Olga Vilukhina, serta atlet skeleton, (5) Sergei Chudinov, berpartisipasi di berbagai olimpiade. Bahkan, melucuti keempat medali yang telah mereka menangkan tersebut.

Federasi bobsleigh Rusia mengatakan, larangan seumur hidup terhadap para atletnya tidak memiliki dasar hukum dan merupakan suatu puncak ketidakadilan.

Hingga Senin, IOC telah melarang 19 atlet Rusia dan membatalkan 12 medali sejak dua penyelidikan antidoping dimulai.

Salah satu penyelidikan mencari tahu apakah pemerintah Rusia menutupi sampel uji pada olimpiade musim dingin 2014 di Sochi. Sementara itu, penyelidikan yang lainnya menyelidiki tentang dukungan sistematis negara dalam penggunaan doping.

Kedua penyelidikan itu berdasarkan dugaan mantan kepala laboratorium antidoping Rusia, Grigory Rodchenkov.

Dalam pernyataan lain pada 1 November 2017, IOC merilis alasan di balik putusannya melarang seumur hidup atlet peraih medali emas Rusia, Alexander Legkov, mengikuti berbagai olimpiade.

Menyebut bukti yang disediakan oleh Grigory, IOC menyatakan bahwa Alexander merupakan seorang partisipan dan yang diuntungkan dalam
skema penutupan penggunaan doping selama olimpiade musim dingin 2014 di Sochi.

Drama tentang penggunaan doping oleh para atlet Rusia selama olimpiade musim dingin 2014 telah membuat IOC menangguhkan agensi antidoping Rusia (Rusada), federasi atletik Rusia, dan komite paralimpiade Rusia.

IOC akan memutuskan pada awal Desember apakah para atlet Rusia diizinkan berkompetisi dalam olimpiade musim dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan. (*/Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.