Senin, 23 November 2020

Jalin Hubungan Kemahasiswaan, KAMMI Sepakati MoU dengan UDEF Turki

Jalin Hubungan Kemahasiswaan, KAMMI Sepakati MoU dengan UDEF Turki

Foto: Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menerima kunjungan Uluslararası Öğrenci Dernekleri Federasyonu (UDEF), sebuah organisasi asosiasi mahasiswa internasional yang berpusat di Turki. (Dok. KAMMI)

Jakarta, Swamedium.com – Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) menerima kunjungan dari lembaga luar negeri. Bertempat di sekretariat PP KAMMI di Cikoko, Rabu (28/11), kedatangan perwakilan dari Uluslararası Öğrenci Dernekleri Federasyonu (UDEF), sebuah organisasi asosiasi mahasiswa internasional yang berpusat di Turki.

Dalam pertemuan itu, hadir dari PP KAMMI, Ketua Umum PP KAMMI Kartika Nur Rakhman, Sekjen PP KAMMI Irfan Ahmad Fauzi, Kepala Departemen Jaringan Internasional PP KAMMI Achmal Junmiadi, dan beberapa pengurus lainnya.

Sementara dari UDEF hadir diantaranya Presiden UDEF Mehmet Ali Bolat, Koordinator Organisasi Luar Negeri Muhammad Malik Taylan dan salah satu pengurus UDEF Mahmud Tekin Baskan.

Diawali dari pemaparan profil KAMMI oleh anggota Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Afif Pratama Putra, diskusi berlangsung hangat dalam nuansa kekeluargaan. Dalam diskusi tersebut, terdapat beberapa pertanyaan strategis dari pihak UDEF terkait keorganisasian KAMMI.

“KAMMI dan beberapa organisasi dari negara-negara Asia Tenggara telah menginisiasi berdirinya AYLF (ASEAN Young Leadership Forum) sebagai wadah kerjasama antar organisasi regional yang bertujuan pengembangan organisasi dan menguatkan hubungan antar negara ASEAN. Kedepan, kerjasama antar KAMMI dan UDEF diharapkan mampu melahirkan payung perkumpulan yang cakupannya lebih luas lagi,” ungkap Nur Rakhman.

Pertemuan tersebut melahirkan nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua pimpinan organisasi. Beberapa butir Memorandum of Understanding (MOU) antara KAMMI dan UDEF adalah kedua organisasi ini sepakat berbagi pengalaman dalam bidang kemahasiswaan internasional di dua negara.

Selain itu, keduanya juga akan saling menghadiri kegiatan pendidikan yang ditujukan untuk mahasiswa internasional dari kedua negara seperti pameran, konferensi dan simposium. Poin-poin kesepakatan ini diharapkan mampu meningkatkan hubungan antara Turki dan Indonesia dalam bidang kemahasiswaan internasional. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.