Sabtu, 28 November 2020

Kompascom dan Tribunnews Dilaporkan ke Dewan Pers Terkait Pemberitaan Asma Dewi

Kompascom dan Tribunnews Dilaporkan ke Dewan Pers Terkait Pemberitaan Asma Dewi

Foto: ACTA melaporkan Kompas.com dan Tribunnews.com terkait pemberitaan Asma Dewi. (Bili/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Tak terima kliennya mendapat pemberitaan tidak benar, Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) sebagai kuasa hukum Asma Dewi mendatangi Dewan Pers guna melaporkan dua media yakni Kompas.com dan Tribunnews.com.

Pasalnya, kedua media tersebut dinilai telah membuat pemberitaan yang menyudutkan seolah-olah Asma Dewi terlibat dalam jaringan Saracen sekaligus ikut mentransfer sejumlah dana ke Saracen.

Adapun, berita yang menjadi permasalahan ialah berita Kompas.com berjudul ‘Siapa Asma Dewi, Ibu Rumah Tangga yang Transfer Rp 75 Juta ke Saracen?’ dan berita Tribunnews.com berjudul ‘Menguak Siapa Asma Dewi, yang Diketahui Transfer Rp 75 Juta ke Saracen?’.

“Kedua judul media tersebut bersifat memghakimi Asma Dewi padahal pada saat pemberitaan belum ada proses peradilan terhadap Asma Dewi,” cetus Juru Bicara ACTA, Sari Nurmala Sari, Rabu (29/11).

Lanjut, Sari menjelaskan, dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) maupun Surat Dakwaan sama sekali tidak disebutkan bahwa Asma Dewi terkait dengan Saracen ataupun mentransfer sejumlah uang.

“Kalau di BAP saja tidak ada tuduhan tersebut, jelaslah bahwa Asma Dewi tidak terkait sama sekali dengan Saracen dan tidak pernah transfer dana,” tegasnya.

Lebih lanjut, dasar hukum yang diajukan kepada Dewan Pers meliputi pasal 1, 3, 4, dan 8 Kode Etik Jurnalistik.

“Jika proses di Dewan Pers tidak memuaskan maka kami akan pertimbangkan untuk menempuh jalur hukum,” tandasnya. (Bil)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.