Minggu, 29 November 2020

Ketua DPRD Jabar: Keberhasilan dan Kerawanan Pilkada, Tercipta Karena Peran Media

Ketua DPRD Jabar: Keberhasilan dan Kerawanan Pilkada, Tercipta Karena Peran Media

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari. (Ariesmen/swamedium)

Lembang, Swamedium.com – Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari meyakini pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Serentak 2018 akan sukses kalau peran aktif semua pihak, tidak terkecuali peran media.

“Oleh karena itu, pers juga harus diedukasi,” kata Ineu saat media gathering dengan wartawan di Lembang, Bandung Barat, Rabu (29/11).

Dijelaskan Ineu kalau pers tidak diajak bahu membahu mengedukasi warga untuk menjaga tertib Pemilukada 2018 dikhawatirkan terjadi berbagai macam kerawanan politik, baik jelang atau usai berlangsungnya pesta demokrasi.

“Ini bukan disertasi saya, ini disertasi teman-teman bahwa tidak sedikit, keberhasilan bahkan kerawanan pilkada bisa terjadi karena adanya peran media,” jelas Ineu.

Dengan melibatkan media dalam mensosialisasikan Pemilukada Serentak 2018 diharapkan pesta demokrasi yang akan berlangsung di 16 Kabupaten Kota dan 1 Provinsi akan berlangsung semarak.

“Kita buktikan, elemen masyarakat bisa mewujudkan pesta demokrasi yang berlangsung aman tertib dan damai,” harap politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Menurut Ineu, peran DPRD dengan Media sebetulnya saling bersinggungan, dewan menetapkan peraturan daerah (Perda), Anggaran dan Melakukan fungsi pengawasan.

“Dan wartawan atau media juga melakukan salah satu fungsi dari dewan itu, yaitu fungsi pengawasan juga,” jelasnya.

Fungsi pengawasan yang dilakukan dewan, itu salah satunya kata Ineu adalah keliling ke 16 kabupaten kota yang akan melakukan pilkada serentak.

“Bila ada yang melihat kami, yang melakukan pendekatan, koalisi, kegiatan di luar dewan. Itu bukan kami sebagai anggota dewan, tetapi kami sebagai bagian dari partai politik yang juga akan mensukseskan pilkada,” tegasnya. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.