Sabtu, 28 November 2020

KPK Tidak Hadir, Sidang Praperadilan Setnov Ditunda

KPK Tidak Hadir, Sidang Praperadilan Setnov Ditunda

Foto: Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (lucky/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menunda sidang perdana gugatan praperadilan yang diajukan tersangka kasus korupsi pengadaan e-KTP, Setya Novanto (Setnov). Hal itu dilakukan lantaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hadir.

Ketidak hadiran KPK selaku termohon disebutkan masih dalam proses menyiapkan alat bukti yang menguatkan status tersangka Setnov. Surat permohonan penundaan sidang yang dikirim KPK dibacakan oleh hakim Kusno.

Dalam surat tersebut, KPK menuliskan sejumlah alasan meminta sidang ditunda, di antaranya KPK masih mempersiapkan bukti-bukti surat dan administrasi lainnya serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

“KPK selaku termohon praperadilan tidak dapat hadir dan mohon untuk menunda sidang atas perkara dimaksud,” kata Hakim Kusno saat membacakan surat dari KPK di PN Jaksel, Jakarta Selatan, Kami (30/11).

Selain itu, KPK juga meminta persidangan ditunda selama tiga pekan ke depan.

Usai membacakan surat dari KPK, Hakim Kusno meminta pendapat kepada pihak pemohon yakni Setya Novanto terkait surat permohonan penundaan tersebut.

Sementara itu pihak pemohon yang diwakili Ketut Mulya Arsana menilai permohonan penundaan sidang oleh KPK sangat mencederai proses yang diajukan pemohon. Dia meminta agar penundaan dilakukan maksimal tiga hari.

“Kami mohon yang mulia untuk lanjutkan pemeriksaan ini. Jika berpendapat lain kita minta tidak lebih dari tiga hari. Sehingga bisa diselesaikan dengan berkeadilan,” tegas Ketut.

Hakim Kusno akhirnya memutuskan sidang gugatan praperadilan yang diajukan Novanto digelar pada 7 Desember 2017 pukul 09.00 WIB. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.