Senin, 23 November 2020

OTT KPK di Jambi, Ini Empat Tersangka dari Penyelenggara Negara

OTT KPK di Jambi, Ini Empat Tersangka dari Penyelenggara Negara

Foto: Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Joko/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan mengumumkan empat orang tersangka dari berbagai lintas jabatan struktural maupun swasta yang diduga melakukan suap, saat hendak membahas RAPB Provinsi Jambi tahun anggaran 2018 senilai Rp4,7 miliar.

Diketahui empat nama yang diduga menerima suap diantaranya yakni anggota DPRD Jambi Supriono dari Fraksi PAN, Plt Dinas Pupera H. Arpan, Asisten Daerah 3 Pemprov Jambi Saepudin, dan anggota Banggar DPRD dari Fraksi Demokrat Hj. Nurhayati.

Keempat pejabat tersebut diduga sebagai penerima suap dan disangkakan melanggar pasal 12 huruf b atau pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001.

“Diduga sejumlah anggota DPRD tak akan hadir dalam pembahasan rapbd 2018 di Jambi, diduga sejumlah anggota DPRD itu tak hadir karena tidak ada kesepakatan. diduga pemberian ‘uang ketok’ untuk pembahasan RAPBD Jambi 2018,” kata Basaria dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (29/11) sore.

Sedangkan nama-nama lainnya, sebagai pihak Pemberi disangkakan terkena pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012.

Senada dengan hal itu Juru bicara KPK, Febri Diansyah menambahkan, terkait hasil operasi tangkap tangan yang dilakukan pihaknya, diduga ada praktik pemberian dan penerimaan suap oleh penyelenggara negara di Provinsi Jambi.

“Diduga ada praktik pemberian dan penerimaan oleh penyelenggara negara setempat terkait dengan pembahasan dan proses APBD tahun anggaran 2018,” tambah Febri. (Jok)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.