Sabtu, 05 Desember 2020

Puncaki Tangga Survei, Swing Voters RK dan Demiz Masih Tinggi

Puncaki Tangga Survei, Swing Voters RK dan Demiz Masih Tinggi

Foto: Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional dan Partai Demokrat menandatangani kesepakatan mengusung Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018. (Dok PKS Jawa Barat)

Bandung, Swamedium.com – Ridwan Kamil (RK) dan Deddy Mizwar (Demiz) kembali puncaki tangga survei sayang swing voters keduanya masih tinggi, masih sekitar 50 persen. Itulah paparan hasil survei yang dilakukan the indonesian public institute terhadap 13 nama kandidat Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat

“Keduanya belum berada dalam posisi aman,” kata CEO The Indonesian Public Institute (IPI), Karyono di sebuah hotel Jl Pelajar Pejuang, Bandung, Kamis (30/11).

Dijelaskan Karyono, pemilih RK 32,3 persen yang loyal hanya 20,1 persen. Sementara pemilih Demis 22,8 persen, yang loyal hanya 10,6 persen.

Dengan jumlah swing voters RK dan Demiz yang masih sekitar 50 persen, berarti ada separuh pemilih yang masih mengambang.

“Dengan demikian, pemenangnya akan ditentukan oleh efektifitas kinerja dan strategi yang tepat sasaran dalam menarik dukungan pemilih mengambang,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Karyono, jika dilihat dari aspek periode waktu menentukan pilihan, masih ada 22,2 persen pemilih yang baru akan menentukan pilihannya pada masa kampanye, pada masa tenang 18,4 persen, sebelum berangkat ke TPS 13,5 persen dan di TPS 16,4 persen.

“Jika dijumlahkan ada sekitar 70,5 persen pemilih yang berpotensi menjadi swing voters yang masih bisa dipengaruhi,” demikian Karyono.

Dibawah RK dan Demiz, ada Dede Yusuf dan Dedi Mulyadi yang bersaing ketat di posisi ketiga. Selisihnya, hanya 3,4 persen.

“Elektabilitas Dede Yusuf berada di posisi 12,1 persen dan Dedi Mulyadi yang saat ini menjadi Bupati Purwakarta mendapatkan dukungan sebesar 10,9 persen,” ujarnya.

Di bawah Dedi Mulyadi ada tiga kandidat yang bersaing ketat yakni isteri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Netty Prasetiyani yang memperoleh dukungan 4,9 persen, bersaing dengan Rieke Dyah Pitaloka 3,6 persen dan Anton Charliyan 3,5 persen. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.