Sabtu, 28 November 2020

Seorang Biksu Tibet Bakar Diri, Protes Kebijakan China

Seorang Biksu Tibet Bakar Diri, Protes Kebijakan China

Foto: Seorang biksu Tibet rela membakar dirinya untuk memprotes kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah China. (ilustrasi/ist)

Tibet, Swamedium.com – Seorang biksu Tibet dikabarkan telah membakar dirinya sendiri di China Barat. Aksi bakar diri itu dilakukan dalam sebuah unjuk rasa menolak peraturan yang diberlakukan China di wilayah tradisional Tibet.

Mengutip sebuah kelompok pemantau, London Free Tibet mengatakan, biksu yang bernama Tenga (63) membakar dirinya sambil meneriakkan “Kami menginginkan kebebasan di Tibet.”

Washington Post pada Kamis (30/11), menyebutkan peristiwa itu terjadi pada Ahad (26/11) lalu di daerah Kardea, Provinsi Sichuan.

Disebutkan aparat keamanan langsung memadamkan api dan membawa Tenga pergi. Namun tidak disebutkan apakah biksu itu selamat atau tewas.

Sejak 2009, hampir 150 orang Tibet telah mengorbankan diri mereka sendiri, termasuk para biksu dan orang awam. Hal itu dilakukan sebagai protes terhadap kebijakan otoritas China.

Aksi bakar diri Tenga ini adalah yang pertama terjadi di antara komunitas Budha Tibet di wilayah China Barat sejak April 2017. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.