Senin, 23 November 2020

Warga DKI Jakarta Diminta Waspadai Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Warga DKI Jakarta Diminta Waspadai Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Foto: Ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi jika wilayah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan diguyur hujan deras disertai dengan angin kencang antara pagi hingga sore hari.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim antara pagi hingga sore hari,” tulis peringatan dini di laman BMKG, Kamis (30/11/2017).

Dalam peringatan tersebut BMKG juga menyebut lima wilayah DKI Jakarta akan terus diguyur hujan sejak siang hari. Memasuki malam hingga dini hari diprediksi akan cerah berawan. Namun untuk wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan akan diguyur hujan petir dengan angin kencang.

“Sementara itu, daerah Bogor, Bekasi, Tangerang dan Kepulauan Seribu juga diperkirakan akan diguyur hujan berintensitas sedang pada siang hari dan hujan ringan pada malam,” lanjut peringatan tersebut.

Menurut BMKG, hujan sedang hingga lebat akan terjadi di pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian Selatan. Sementara itu, di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan pesisir Barat Sumatera Barat hingga Lampung terdampak Angin kencang > 20 knots (36 km/jam).

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

Kondisi ini juga bisa membuat angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame atu baliho tumbang. Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat atau petir. (*/dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.