Senin, 30 November 2020

Masuki Musim Dingin, Pengungsi di Yunani Butuh Tempat Layak

Masuki Musim Dingin, Pengungsi di Yunani Butuh Tempat Layak

Jakarta, Swamedium.com — Organisasi-organisasi hak asasi manusia mendesak pemerintah Yunani dan Uni Eropa agar segera memindahkan para pencari suaka ke daratan utama Yunani yang lebih baik karena memasuki musim dingin.

Human Rights Watch (HRW) mengatakan, Jumat (1/12), ini akan menjadi musim dingin kedua bagi para pencari suaka bertahan di fasilitas-fasilitas tidak layak di pulau-pulau sejak kesepakatan UE-Turki mulai berlaku pada Maret 2016.

Eva Cosse, seorang peneliti, mengatakan kepada AA, “Hingga 30 November, ada 2.434 orang yang ditampung di penampungan Vial di Pulau Chios yang berkapasitas 894 orang.”

“Penampungan Moria menampung lebih dari 6.500 orang, termasuk sebagian besar wanita dan anak-anak, di tempat berkapasitas 2.300 orang,” lanjutnya.

Dua belas organisasi bekerja sama menggelar kampanye digital untuk menyoroti segala kondisi para pengungsi.

“Selama 21 hari ini, kami akan menghitung mundur melalui media sosial, mengamati situasi, dan menyediakan informasi terkini tentang respons otoritas Yunani dan negara-negara UE serta tentang situasi di pulau-pulau kepada publik,” terang Eva.

Menurut UNHCR, hingga 31 Oktober, lebih dari 24.100 pengungsi dan migran mencapai pantai-pantai Yunani pada 2017. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yakni 169.790, jumlahnya menurun 85 persen.

Para pencari suaka di Yunani berasal dari Suriah, Irak, bahkan negara tetangganya, Turki. (Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.