Sabtu, 28 November 2020

AHY Salurkan Bantuan Keluarga SBY ke Korban Banjir Bantul

AHY Salurkan Bantuan Keluarga SBY ke Korban Banjir Bantul

Foto: AHY berpesan untuk tetap tabah dan sabar menghadapi cobaan ini. Semua beban ini nantinya akan ada hikmahnya, pesan AHY. Selain itu, AHY juga menitipkan paket-paket bantuan sembako kepada korban bencana.(Hasbullah Tanjung/jurnalis warga/swamedium)

Jogyakarta, Swamedium.com – Direktur Eksekutif The Yudhoyono Instititute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendatangi dan menyemangati para korban bencana di beberapa daerah di Jawa Timur dan Yogyakarta, sejak Kamis (30/11).

Diantaranya, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kabupaten Wonogiri, Yogyakarta, hingga ke Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sabtu (2/12) pagi, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Bantul, Yogyakarta yang menjadi tujuan AHY. Disana, AHY meninjau lokasi bencana, terlihat reruntuhan rumah warga yang rusak dan tanah basah berlumpur, serta beberapa masyarakat yang sedang kerja bakti.

Diketahui, selasa lalu, volume air hujan tak henti-henti mengguyur desa tersebut dan mengakibatkan banjir mencapai 1.5 meter, merusak perumahan, dan akses jalanan di sana.

“Mulai Selasa siang itu hujannya deras. Genangan air pas Maghrib itu sudah tinggi,” ujar salah seorang warga,Topo (50).

Di lokasi kerja bakti, AHY mendengarkan keluhan mereka, menanyakan apa yang mereka lakukan pasca bencana dan kesiapan mereka untuk membuang tanah-tanah tersebut.

Setelah mendengar keluhan warga, AHY kemudian mengunjungi ibu-ibu yang memasak untuk warga yang sedang bekerja bakti, dan AHY sempat mencicipi masakan tersebut.

Sebelum meninggalkan lokasi, AHY berpesan untuk tetap tabah dan sabar menghadapi cobaan ini. Semua beban ini nantinya akan ada hikmahnya, pesan AHY. Selain itu, AHY juga menitipkan paket-paket bantuan sembako kepada korban bencana.

AHY juga sempat mampir ke Balai Desa Kebon Agung yang terletak 1 km dari lokasi sebelumnya. Di sana, AHY memberikan bantuan secara simbolis
kepada Bupati Bantul Suharsono untuk para korban banjir di desa tersebut.

Dijelaskan Suharsono, bahwa setiap kecamatan akan melaporkan total kerugian masing-masing warganya ke kantor bupati. Dan akan segera berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk memberikan dana bantuan kepada warga yang rumahnya hanyut, dan daerah-daerah yang infrastrukturnya rusak.

“Mudah-mudahan lancar Pak, kami doakan semoga agar pulih kembali, warga bisa kembali ke rumah. Semoga sukses Pak ya, sampaikan salam juga untuk keluarga,” pesan AHY.

AHY juga mengucapkan apresiasinya untuk aparat, pemerintah, dan komunitas yang turut bergandengan tangan membantu para korban bencana

“Saya mengapresiasi segala langkah tanggap darurat yang dilakukan oleh aparat pemerintahan baik itu Pemda, Provinsi, Kabupaten, dan juga aparat lain yang terkait, termasuk Kepolisian, TNI, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dan pihak lainnya, Ini merupakan kekuatan, karena kebersamaan kita di lapangan akan menjadi solid untuk upaya mengurangi kesulitan bagi warga yang mengalami bencana,” tutupnya. (Hasbullah Tanjung/jurnalis warga)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.