Jumat, 27 November 2020

Banjir Kerap Terjadi, Bupati Bandung Ajak Petani Turun Gunung

Banjir Kerap Terjadi, Bupati Bandung Ajak Petani Turun Gunung

Foto: Bupati Bandung Dadang M Nasser. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.com – Bupati Bandung Dadang M Nasser mengakui, mengubah cara berpikir masyarakat untuk berlaku taat aturan dengan tidak membuang sampah sembarangan, cukup berat.

“Padahal, semua sudah berbuat. Kami berbuat, Provinsi berbuat, kawasan lain berbuat, punten BPWS berbuat namun banjir masih tetap meluap lingkungan masih tetap rusak,” kata Dadang dalam bakti karya Citarum Harum di Situ Cisanti, Kecamatan Kertajaya, Kabupaten Bandung, Ahad (3/12).

“Semoga, kehadiran TNI yang dikoordinasi secara langsung oleh Pangdam III Siliwangi, tugas itu menjadi lebih ringan,” tambah Dadang.

Harapan Dadang, dengan bakti karya Citarum Harum, sebagaimana yang tengah diupayakan Pangdam IIII Siliwangi Leuweung Hejo, Rakyat Hejo sebagaimana bunyi tagline kegiatan ini, bisa segera terwujud.

Ditambahkan Dadang, Kabupaten Bandung sesungguhnya punya nilai lebih dibandingkan kota kota lain di Indonesia, khususnya Bandung. Sayang mahataman yang bisa didapat secara gratis itu, saat ini tidak lagi terlihat sempurna.

“Lihat Kota Bandung berapa banyak dia menghabiskan anggaran hanya untuk menciptakan taman kota. Dan disini mahataman yang dianugerahkan Yang Mahakuasa itu tidak terjaga, dirambah demi perekonomian petani perambah,” jelasnya.

Oleh karena, ke depan jelas Dadang upaya untuk mengajak petani-petani sayur untuk turun gunung. Tak boleh, lagi menanam di atas ketinggian 30 derajat.

“Petani hanya boleh bercocok tanam di tanah yang berada di ketinggian di bawah 30 derajat,” katanya.

“Pola tanam ke depannya harus lebih diperbaiki. Ini PR kita bersama,” tekan Dadang.

Agar petani patuh, butuh kearifan lokal untuk menurunkan petani-petani tersebut, agar perekonomian keluarganya tetap terjaga.

“Kebijakan kita, supaya masyarakat turun bertani sayur mayurnya, mereka turun dengan sabuk sabuk gunungnya,” terang Dadang. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.