Jumat, 27 November 2020

Pangdam III Siliwangi Sesalkan Sungai Citarum yang Kerap Kotor

Pangdam III Siliwangi Sesalkan Sungai Citarum yang Kerap Kotor

Foto: Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kepala BNPB Mayjen TNI Doni Monardo. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.Com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan Citarum Harum adalah moment bagi TNI untuk mengumpulkan berbagai macam pendapat dan pandangan yang nantinya sebagai bahan bagi untuk memberikan sebuah konsep kepada pemerintah provinsi.

Dijelaskan Pangdam, Kodam III Siliwangi sudah berbuat dalam kegiatan menghijaukan kembali Citarum sejak 2 tahun terakhir. Dimana salah satu tugasnya, ambil bagian dalam membersihkan Citarum.

Setelah, mendapat masukan dari Pangdam III Siliwangi sebelumnya, diketahui bahwa TNI sudah banyak berbuat.

“Setelah Citarum bersih, dua tiga hari kemudian kotor kembali. Saya pikir ini sangat merugikan, karena energi habis, biaya habis, tapi tidak ada hasil dari kerja kita,” katanya dalam Citarum Harum di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Ahad (3/12).

“Kita sudah sama-sama bekerja. Tapi kita belum bekerja sama. Sehingga sudah saya sampaikan, kepada pak Gubernur. Pak Gubernur ini saran saya, komando ini, harus terpusat. Butuh kesatuan komando.Dan saya sangat mengharapkan nanti. Pimpinan kerja kita adalah Bapak Gubernur,” pinta Pangdam.

Dengan satu komando itu, kata Pangdam, seluruh instansi terkait, dari kementerian di pusat dan lembaga-lembaga yang ada itu berada pada sebuah komando yang jelas.

Dipaparkan Pangdam, Citarum Harum, tentunya bukan pekerjaan yang mudah, Tetapi, kalau mau bekerja sama, pasti ada jalan terang untuk pekerjaan tersebut.

Kasus tercemarnya sumber air, menurut Pangdam, tidak hanya terjadi di Indonesia, salah satunya di negara Brazil.

Hutan Amazon, kekayaan ekosistem dan habitat alami bagi flora dan fauna Benua Amerika itu, menurut Pangdam, beberapa tahun lalu juga pernah terancam akan punah, dibabat oleh ilegal logging.

Penanganannya, pemerintah Brazil memberikan menyerahkan tanggungjawab mengembalikan hutan kepada tentaranya.

“Dan hari ini, kita sudah dengar, hutan Amazon sudah pulih kembali. Dan rakyat Brazil merasa sangat bangga kepada tentaranya karena bisa menyelesaikan, mengembalikan hutan Amazon,” kisah Pangdam.

Selain itu, kisah sukses mengembalikan habitat alam juga pernah ditorehkan pemerintah Singapura. Tepatnya dimasa pemerintahan Lee Kuan Yeu. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.