Senin, 23 November 2020

YBM BRI Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendidik Pondok Pesantren

YBM BRI Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendidik Pondok Pesantren

Foto: Program Peningkatan Kapasitas Pendidik Ponpes merupakan bagian dari Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren yang telah menjadi fokus program YBM BRI sejak tahun 2014. (Dok. YBM BRI)

Bandung, Swamedium.com – Bertepatan dengan Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November, Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI) menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendidik Pondok Pesantren di De Java Hotel, Bandung, Jawa Barat.

Acara diikuti oleh 56 pendidik yang berasal dari 14 pondok pesantren mitra YBM BRI di Wilayah Bandung dan Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pribadi, sosial, pedagogik, dan profesional pendidik pondok pesantren mitra YBM BRI.

“Selain memperingati hari guru, dalam kegiatan ini merupakan salah satu upaya YBM BRI untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran serta pembelajaran pendidik atau guru di pondok pesantren yang telah menjadi mitra YBM BRI. Selain dilaksanakan di Bandung, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di Regional Aceh-Medan dan Regional Banjarmasin-Pontianak,” kata Pelaksana Harian Kanwil YBM BRI Bandung, Ujang Sudarman melalui rilisnya, Ahad (3/12).

Gelaran ini terselenggara atas kerjasama YBM BRI dengan IDS Rumah Pendidikan Indonesia yang menghadirkan pendirinya sebagai pembicara utama, yaitu Ir. Itasia Dina Sulvianti, M.Si (Praktisi pendidikan nasional).

“Menjadi salah satu guru di pondok pesantren mitra YBM BRI adalah sebuah keberuntungan tersendiri, mendapat ilmu untuk lebih berkualitas lagi dalam mengajar adalah hal yang baru untuk saya, semoga apa yang telah diberikan oleh YBM BRI dapat saya aplikasikan di pondok, terima kasih YBM BRI” tutur salah satu pendidik di Pondok Pesantren As-Syarifiyyah Bandung, Jumhari.

Setelah mendapatkan pelatihan, seluruh peserta akan mendapat pendampingan selama enam bulan, selain itu peserta juga mendapat software pengayaan materi Ujian Nasional (UN) bagi santri dan pendidik serta peralatan teleconfrence yang digunakan untuk pendampingan jarak jauh oleh narasumber kepada masing-masing pondok pesantren.

Program ini merupakan bagian dari Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren yang telah menjadi fokus program YBM BRI sejak tahun 2014.

Selain Program integrasi tersebut, YBM BRI juga menyalurkan dana zakatnya melalui Program Berbagi Smart Rakyat Indonesia yaitu Beasiswa Reguler dan Beasiswa Kader Surau, Berbagi Sehat Rakyat Indonesia yaitu Advokasi Kesehatan Mustahik, Berbagi Syiar Rakyat Indonesia yaitu Bangkit Marbot Indonesia dan Tanggap Bencana serta Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia yaitu Program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR). (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.