Senin, 23 November 2020

AS Dukung Zionis Israel Jadikan Al-Quds sebagai Ibu Kotanya

AS Dukung Zionis Israel Jadikan Al-Quds sebagai Ibu Kotanya

Al-Quds, Swamedium.com — Hamas telah memperingatkan tentang rencana Amerika Serikat memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem (al-Quds) dan mengakuinya sebagai ibu kota Israel.

Hamas menyatakan, Sabtu (2/12), pemindahan kedubes AS ke Kota al-Quds itu “akan merepresentasikan makar AS terhadap Kota dan memberikan legitimasi [kepada zionis Israel] untuk menguasai Kota.”

Media AS mengatakan, Rabu (29/11), Presiden Donald Trump berencana mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Hamas mengungkapkan bahwa langkah AS itu “akan memberikan dukungan kepada Israel dalam melanjutkan yahudisasi Yerusalem dan pengusiran rakyat Palestina dari Kota.”

Hamas menyerukan negara-negara Arab dan Muslim agar berjuang menghentikan putusan AS tersebut.

Selama pemilihan presiden, Trump berjanji akan merelokasi kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Yerusalem (al-Quds) ialah pusat konflik abadi zionis Israel dan Palestina karena rakyat Palestina ingin Yerusalem Timur yang diduduki oleh kolonialis Israel sebagai ibu kota Palestina mendatang.

Ahad (3/12), menteri luar negeri Palestina, Riad al-Maliki, mendesak, Liga Arab dan organisasi kerja sama Islam (OKI) segera menggelar rapat untuk membahas situasi politik terkini di al-Quds.

Menurut kementerian luar negeri, Riad telah berkomunikasi dengan pemimpin Liga Arab, Ahmad Abul Ghait, dan sekretaris jenderal OKI, Yusuf al-Utsaimin, via telepon. (*/Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.