Sabtu, 28 November 2020

Fitur Baru WhatsApp Dinilai Cocok buat Wadah Tausiyah para Ustadz

Fitur Baru WhatsApp Dinilai Cocok buat Wadah Tausiyah para Ustadz

Foto: Tampilan fitur Restricted Whatsapp Group. (WABetaInfo)

Jakarta, Swamedium.com – Pernahkan Anda sebagai admin dalam aplikasi percakapan Whatsapp menginginkan pesan yang kita kirim disimak oleh setiap anggota Whatsapp Group tanpa ada yang menyela? Fitur yang sedang dikembangkan WhatsApp saat ini setidaknya dapat menjawab ‘kegalauan’ Anda akan hal itu.

Fitur tersebut disebut Restricted Group (Grup Terbatas) yang memungkinkan admin grup dapat “membungkam” obrolan para anggotanya. Sehingga pesan yang ditulis admin hanya bisa dibaca oleh anggota tanpa langsung ditanggapi.

Fitur ini pertama kali diketahui dari blog WABetaInfo. Disebutkan bahwa anggota grup tidak akan dapat mengirim pesan, gambar, video, GIF, dokumen atau pesan suara ketika fitur tersebut sedang diaktifkan administrator.

Pemberitahuan yang akan muncul di percakapan grup nantinya adalah “(Nama admin) hanya mengizinkan admin yang dapat mengirim pesan di grup ini.”

“Ini mungkin terjadi ketika administrator ingin mendapatkan perhatian dari semua peserta, menulis sesuatu yang penting atau untuk mengatur sebuah acara,” tulis WABetaInfo.

Kendati demikian, anggota non-admin masih diberi peluang untuk menulis sesuatu di grup terbatas itu. Mereka hanya dapat menghubungi administrator melalui tombol message admin.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (1/12) lalu, fitur ini tidak permanen. Admin hanya bisa menerapkan pengaturan seperti itu setiap 72 jam.

Ketika admin menonaktifkan fitur obrolan, penghuni grup tidak dapat saling berinteraksi di dalamnya.

Fitur ini dinilai cocok bagi para ustadz, pengajar, mentor dan pemimpin bisnis atau perusahaan yang nantinya dapat memanfaatkan fitur ini untuk menuliskan pesan atau obrolan yang dinilai penting. Dengan fitur tersebut, diharapkan pesan itu dapat disimak dengan baik oleh seluruh anggota Whatsapp Group.

Diketahui, saat ini fitur tersebut sedang diuji coba dalam versi beta aplikasi dan dapat dilihat dalam versi beta di iOS dan Android.

Namun tidak disebutkan kapan fitur tersebut akan diluncurkan dan belum jelas apakah WhatsApp akan meluncurkan fitur itu ke semua pengguna. (*/ls)

Sumber: WABetaInfo, Daily Mail, dan Kiblatnet

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.