Kamis, 03 Desember 2020

Terkait Al-Aqsha, Yordania Kirimkan Surat Diplomatik kepada Zionis Israel

Terkait Al-Aqsha, Yordania Kirimkan Surat Diplomatik kepada Zionis Israel

Amman, Swamedium.com — Pemerintah Yordania mengirimkan surat diplomatik kepada zionis Israel. Melalui surat itu, Yordania memprotes pelanggaran zionis di Masjid Al-Aqsha.

Surat tersebut dikirimkan kepada kementerian luar negeri Israel menurut laporan kantor berita negara, Petra, yang mengutip juru bicara menteri negara urusan media dan pemerintahan.

Pemerintah Yordania menuding zionis membiarkan para ekstremis yahudi memasuki halaman Masjid Al-Aqsha sehari-hari dengan perlindungan dari kepolisian zionis Israel.

Seperti dikutip oleh Petra, juru bicara tersebut, Muhammad al-Momani, mengatakan, “Aksi provokatif dan tidak bertanggung jawab seperti itu terkutuk dan tidak berterima, bahkan melanggar kewajiban Israel sebagai penguasa yang menduduki Yerusalem Timur berdasarkan hukum internasional dan hukum kemanusiaan internasional.”

Ia menambahkan, pemerintah zionis Israel telah membiarkan extremis naik ke atap Kubah Shakhrah, Ahad (3/12) pagi.

Ulah vandal itu berusaha “mengubah tempat bersejarah dan sah di Masjid Al-Aqsha.”

Ia berkata, tindakan provokatif itu harus segera dihentikan, dan menjaga status bersejarah Masjid.

Bagi umat Muslim, Kompleks Masjid Al-Aqsha merupakan situs suci ketiga di dunia. Sementara itu, yahudi mengklaim area itu sebagai Bukit Kuil, situs dua kuil yahudi pada masa lampau.

Zionis Israel menduduki Yerusalem Timur–yang mencakup Al-Aqsha–selama perang pada 1967. Lalu, zionis menganeksasi seluruh kota pada 1980, mengklaim secara sepihak bahwa Yerusalem atau Al-Quds sebagai ibu kota negara yahudi. (*/Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.