Senin, 23 November 2020

Ini Penyebab Gerindra Susul PDIP di Hasil Survei

Ini Penyebab Gerindra Susul PDIP di Hasil Survei

Foto: Ilustrasi Partai Gerindra. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai ada dua faktor yang menjadi alasan Partai Gerindra bisa mengungguli PDIP dalam survei politik versi Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra).

Dari hasil survei Orkestra menyatakan Gerindra berhasil menyalip PDIP di posisi pertama dengan capaian angka 15,2 persen.

“Pertama kekonsistenan Gerindra sebagai partai oposisi dan kedua Gerindra cukup lantang menyuarakan kelompok-kelompok termarginalkan, tersingkirkan terutama kelompok Islam,” ujar Adi, di Jakarta, Senin (4/11) kemarin.

Dikatakan Adi, sebagai partai oposisi, Gerindra telah berhasil membuktikan konsistensinya yang kerap mengkritik kebijakan pemerintah. Gerindra juga dinilai sebagai partai yang telah memperjuangkan kelompok-kelompok termarginalkan sehingga mendapat simpatik masyarakat.

“Gerindra ini dianggap memperjuangkan kelompok-kelompok yang selama ini termarginalkan seperti kelompok Islam, mungkin di situ yang membuat Gerindra ini mulai banyak disukai oleh masyarakat,” papar Adi.

Adi melanjutkan, keberpihakan Gerindra terhadap kelompok termarginalkan mampu merebut posisi PDIP. Lalu dia, menjelaskan keberpihakan Gerindra pada kelompok termarginalkan, seperti saat Gerindra tegas mengkritik kebijakan pemerintah dalam pembuatan Perppu Ormas.

Sementara untuk PDIP, Adi mengungkapkan, masyarakat sudah ‘alergi’ dengan partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut. Pasalnya, PDIP dianggap sebagai partai pendukung penista agama Basuki Tjahja Purnama dalam Pilgub DKI.

“Karena rezim, orang tidak suka dengan PDIP sebagai partai penista agama juga kan cukup kuat gaungnya di daerah-daerah,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.