Jumat, 27 November 2020

Kata BPS, Jokowi Mantu Naikkan Inflasi di Kota Solo

Kata BPS, Jokowi Mantu Naikkan Inflasi di Kota Solo

Foto. Harga kebutuhan pangan jelang Natal dan Tahun Baru melonjak.(ist)

Jakarta, Swamedium.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Solo, R Bagus Rahmat Susanto mengatakan, pesta pernikahan puteri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu yang berlangsung pada November 2017 telah memicu kenaikan harga alias inflasi di Kota Solo. Inflasi pada November 2017 naik signifikan dari 0,01% menjadi 0,15%.

“Salah satu faktor yang mengakibatkan inflasi adalah banyaknya tamu yang berkunjung ke Solo hingga membuat sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga, salah satunya tiket pesawat,” kata dia di Solo, Jawa Tengah, Senin (4/12) yang dirilis Inilah.com.

Dia menambahkan, berdasarkan catatan BPS pada November 2017, Kota Solo mengalami inflasi 0,15%. Atau naik signifikan ketimbang Oktober 2017 yang hanya 0,01%.

Menurut Bagus, dari sepuluh komoditas utama yang mendorong laju inflasi, penyumbang tertinggi berasal dari tiket angkutan udara, mengingat sektor tersebut mengalami perubahan harga sekitar 5,70%. “Kenaikan ini memberikan andil terhadap laju inflasi sebesar 0,05 persen,” kata Bagus.

Menurut Bagus, selain kenaikan tarif angkutan umum dalam hal ini tiket pesawat, melonjaknya angka inflasi di Kota Solo juga terjadi karena beberapa komoditas mengalami kenaikan harga.

“Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di antaranya telur ayam ras, mi, bawang merah, gas elpiji, bawang putih, petai, labu siam dan bayam segar,” ungkap dia.

Meski inflasi November 2017 mengalami kenaikan, namun lebih rendah ketimbang November 2016. “Lebih rendah karena tercatat pada November 2016, angka inflasi Solo mencapai 0,60 persen,” jelas Bagus. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.