Senin, 23 November 2020

KBRI Cairo Keluhkan Tak Ada Pemberitahuan Penangkapan WNI Mahasiswa

KBRI Cairo Keluhkan Tak Ada Pemberitahuan Penangkapan WNI Mahasiswa

Foto: Ilustrasi. (ist)

Cairo, Swamedium.com – Sejak ditangkap dan ditahannya lima orang WNI mahasiswa oleh pihak otoritas Mesir pada 22 Nopember silam di kawasan Tabbah, Nasr City, Mesir, tidak ada notifikasi resmi apapun dari Pemerintah Mesir kepada pihak KBRI Cairo. Hal itu dikeluhkan pihak KBRI.

“Hingga 27 November 2017, KBRI Cairo tidak menerima notifikasi tertulis apapun mengenai penahanan ketiga mahasiswa tersebut dari instansi terkait, khususnya Kemlu Mesir dan National Security, Kementerian Dalam Negeri Mesir,” tulis KBRI Cairo melalui rilisnya, Selasa (5/12).

Untuk itu, KBRI telah melakukan koordinasi dengan National Security dan kembali menyampaikan permohonan untuk membebaskan ketiga WNI mahasisa yang masih ditahan.

Ketiga mahasiswa Indonesia yang masih ditahan adalah Muhammad Fitrah Nur Akbar, Ardinal Khairi, dan Hartopo Abdul Jabbar. Sedangkan dua lainnya, Dodi Firmansyah Damhuri, dan Muhammad Jafar telah dibebaskan.

Sementara pihak National Security Mesir, dalam pertemuannya dengan KBRI Cairo, menjelaskan bahwa sesuai dengan hasil investigasi yang dilakukan oleh National Security, kedua mahasiswa atas nama Ardinal Khairi dan Hartopo Abdul Jabbar diputuskan untuk dideportasi dengan alasan “Keamanan Nasional” oleh Kementerian Dalam Negeri Mesir.

“Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Mesir, National Security tidak akan menyampaikan notifikasi resmi mengenai keputusan deportasi tersebut kepada KBRI Cairo,” dalih otoritas Mesir.

Terkait keputusan terhadap mahasiswa atas nama Muhammad Fitrah Nur Akbar, KBRI Cairo akan memberitahukan sesegera mungkin.

“Sementara KBRI Cairo telah memfasilitasi pemulangan 2 orang WNI mahasiswa (Dodi Firmansyah Damhuri, dan Muhammad Jafar) pada 30 November 2017,” kata KBRI Cairo.

Nota Diplomatik Kedua

Hingga 4 Desember 2017, KBRI Cairo belum menerima notifikasi maupun keputusan dari Pemerintah Mesir terkait 1 orang WNI mahasiswa yang masih ditahan oleh aparat keamanan di Kantor Polisi Nasr City II atas nama Muhammad Fitrah Nur Akbar.

“Sehubungan dengan itu, KBRI Cairo kembali menyampaikan nota diplomatik kepada Kemlu Mesir dan National Security, Kementerian Dalam Negeri Mesir untuk kiranya dapat membebaskan 1 WNI tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama,” tegas KBRI.

“Karena yang bersangkutan masih berstatus sebagai mahasiswa Al Azhar dan memiliki izin tinggal yang valid hingga tahun 2018,” sambung KBRI. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.