Senin, 23 November 2020

Lima Mahasiswa RI Ditahan, KBRI Cairo Kirim Nota Diplomatik ke Mesir

Lima Mahasiswa RI Ditahan, KBRI Cairo Kirim Nota Diplomatik ke Mesir

Foto: Ilustrasi (ist)

Cairo, Swamedium.com – Penangkapan yang dilanjutkan dengan penahanan terhadap lima orang mahasiswa Indonesia oleh pihak otoritas Mesir sejak 22 Nopember silam, membuat pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Cairo, Mesir mengirimkan nota diplomatik ke pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Mesir.

Adapun kelima mahasiswa Indonesia yang ditahan aparat keamanan Mesir itu adalah Dodi Firmansyah Damhuri, Muhammad Jafar, Muhammad Fitrah Nur Akbar, Ardinal Khairi, dan Hartopo Abdul Jabbar.
Penangkapan dilakukan di kawasan Tabbah, Nasr City, Mesir.

KBRI mengungkapkan, dua mahasiswa Indonesia, masing-masing, Dodi Firmansyah Damhuri dan Muhammad Jafar telah dibebaskan oleh aparat keamanan Mesir oleh karena masih memiliki ijin tinggal yang masih valid.

“Sementara tiga WNI mahasiswa lainnya masih ditahan di Kantor Polisi Nasr City II oleh karena memerlukan pendalaman investigasi lebih lanjut dari National Security, Kementerian Dalam Negeri Mesir,” tulis KBRI Cairo dalam rilisnya, Selasa (5/12).

Menanggapi hal tersebut, KBRI telah menyampaikan nota diplomatik ke Kemlu Mesir, Kantor Grand Syaikh Al Azhar dan National Security untuk meminta Pemerintah Mesir membebaskan ketiga WNI dimaksud.

“KBRI Cairo juga telah mengupayakan kondisi yang layak untuk mereka selama berada di dalam tahanan, yaitu dengan memberikan bantuan berupa makanan dan kebutuhan sehari-hari,” ujar KBRI. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.