Senin, 30 November 2020

Sandiaga Dorong Upaya Preventif Cegah Wabah Difteri

Sandiaga Dorong Upaya Preventif Cegah Wabah Difteri

Foto: Sandiaga Uno serukan tindakan pencegahan terhadap wabah penyakit difteri. (Bili / Swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, 15 warga Ibu Kota terjangkit penyakit difteri sepanjang 2017. Meski dampaknya tidak secara masif, wabah tersebut tetap menimbulkan kekhawatiran di masyarakat.

Mengenai hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan akan mendorong upaya preventif (pencegahan) melalui program Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Saya mau bantu mendorong Dinkes untuk meyakinkan masyarakat bahwa kegiatan-kegiatan preventif, promotif seperti vaksin ini menjadi fokus utama daripada pelayanan kesehatan di DKI,” ungkap Sandiaga di Balai Kota, Jakarta, Selasa (5/12).

Upaya pencegahan tersebut dijelaskan Sandiaga penting, guna menghalau berbagai penyakit selain wabah difteri yang bisa datang kapan saja.

“Tapi kembali, karena vaksinnya kemarin enggak bisa mendapatkan sosialisasi yang baik karena mungkin dari segi kampanyenya kurang, dari segi pendekatannya kurang, dan ini PR (Pekerjaan Rumah) besar untuk DKI,” pungkasnya.

Perlu diketahui, penyakit Difteri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit.

Difteri termasuk penyakit menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa anak-anak maupun orang dewasa bagi penderitanya. (Bil/rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.