Minggu, 29 November 2020

Tahun Politik 2018, Pemerintah Lipat Gandakan Penerima Beras Sejahtera

Tahun Politik 2018, Pemerintah Lipat Gandakan Penerima Beras Sejahtera

Foto: Ilustrasi beras. (nael/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah akan menaikkan jumlah penerima Beras Sejahtera (Rastra) lebih dari 3 kali lipat, yaitu dari 1,2 juta di tahun 2017 menjadi 3,9 juta di tahun 2018. Kenaikan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

“Tahun 2018 Itu (penerima Rastra) akan diperluas dari 1,2 menjadi 3,9 juta,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/12) yang dirilis merdeka.com.

Saat ini, Rastra didistribusikan melalui kartu atau non-tunai. Darmin meyakini, cara tersebut sangat efektif, efisien, dan tepat sasaran. “Begitu dibuat non-tunai, dia menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu mestinya. Kenapa tepat sasaran karena ini dikirimnya by name by address. Terinci, bukan lagi dkasih ke kepala desa,” kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharini membenarkan rencana penambahan jumlah penerima Rastra di 2018 menjadi 3,9 juta. Namun, itu dilakukan secara bertahap.”Akan kita lakukan secara bertahap,” jelasnya.

Di samping itu, lanjut Puan, pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), termasuk mengecek kembali data penerima BPNT di Dukcapil Kemendagri. Sehingga, kata dia, pemerintah dapat memastikan apakah penerima bantuan tersebut masih hidup atau tetap berada di alamat yang sama sebagaimana yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).(*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.