Jumat, 27 November 2020

Di Provinsi Ini, Keberadaan Orang Asing Dipantau Lewat Perda

Di Provinsi Ini, Keberadaan Orang Asing Dipantau Lewat Perda

Foto: Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (Triwahyudi Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com – Untuk pengetatan pengawasan orang asing di Jatim, DPRD Jatim akhirnya mengesahkan perda tentang Pemantauan Orang Asing di Jatim. Perda tersebut disahkan di sidang paripurna DPRD Jatim, Selasa (5/12).

“Pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melindungi masyarakat dari berbagai hal yang dapat menimbulkan konflik dalam kehidupan sehari-hari. Dimana salah satunya adalah keberadaan orang asing yang membawa kebiasaan dan budaya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan budaya setempat,” kata Soekarwo di DPRD Jatim.

Pria asal Madiun ini mengatakan, meskipun pengawasan terhadap orang asing merupakan kewenangan Kementerian Hukum dan HAM RI dalam hal ini Direktorat Jenderal Imigrasi, agar tidak terjadi tumpang tindih maka Perda ini dimaksudkan sebagai bentuk dukungan Pemprov Jatim kepada pemerintah pusat dalam melakukan pengawasan orang asing.

Oleh karena itu, lanjut Pakde Karwo, untuk membedakan dengan kewenangan pemerintah pusat maka judul perda ini dipakai dengan frasa “Pemantauan Orang Asing”, bukan “Pengawasan Orang Asing”.

Maksud pemantauan ini sendiri, lanjut mantan Sekda Provinsi Jatim ini, untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum dan mencegah dampak negatif akibat keberadaan orang asing.

“Bila dalam pemantauan nanti ditemukan pihak-pihak yang melanggar akan diserahkan kepada pihak yang berwenang dan memiliki otoritas yakni Ditjen Imigrasi,” pungkasnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.