Senin, 30 November 2020

IOC Larang Rusia dari Olimpiade Musim Dingin PyeongChang

IOC Larang Rusia dari Olimpiade Musim Dingin PyeongChang

Lausanne, Swamedium.com — Komite olimpiade internasional telah melarang Rusia mengikuti olimpiade musim dingin 2018 di PyeongChang, Korea Selatan, atas tuduhan penggunaan doping.

Komite olimpiade Rusia (ROC) pun ditangguhkan dari olimpiade tersebut. Sementara, atlet-atlet Rusia masih boleh berkompetisi dengan syarat ketat, kata komite olimpiade internasional (IOC).

Putusan itu muncul setelah penyelidikan selama 17 bulan menemukan manipulasi sistemis terhadap aturan dan sistem antidoping di Rusia serta saat olimpiade musim dingin 2014 di Sochi, Rusia.

“Ini merupakan serangan yang belum pernah terjadi terhadap integritas olimpiade dan olahraga,” ungkap Thomas Bach, presiden IOC.

Menteri olahraga Rusia, Vitaly Mutko, dan wakilnya, Yuri Nagornykh, pun mendapatkan larangan seumur hidup berpartisipasi di berbagai olimpiade pada masa mendatang.

Presiden ROC, Alexander Zhukov, pun ditangguhkan sebagai anggota IOC. Sementara itu, mantan presiden direktur komite penyelenggara olimpiade Sochi, Dmitry Chernyshenko, dicopot dari komisi koordinasi olimpiade 2022 yang akan berlangsung di Beijing.

Pejabat Rusia pun tidak akan mendapatkan akreditasi untuk seluruh olimpiade mendatang, tegas IOC.

Rusia harus mengganti rugi atas investigasi yang dilakukan oleh IOC. IOC pun memerintahkan pemerintah Rusia membayarkan 15 juta dolar AS untuk mendirikan otoritas pengujian (doping) independen yang akan membantu sistem antidoping global.

IOC mungkin akan meningkatkan penangguhan terhadap ROC, sebagian atau penuh, pada awal upacara penutupan olimpiade musim dingin PyeongChang tahun depan.

Pada 2016, laporan agensi antidoping dunia (Wada) menemukan lebih dari 1.000 atlet Rusia terlibat atau diuntungkan dengan rencana menutupi tes doping yang didukung oleh Negara.

Menurut laporan Wada itu, atlet-atlet Rusia yang berkompetisi pada olimpiade 2012, 2013, dan 2014 terlibat

Laporan tersebut menemukan terduga pengguna doping merupakan atlet dari 30 cabang olahraga, termasuk sepak bola.

Saat itu, Wada menyerukan kepada IOC agar melarang Rusia berpartisipasi dalam olimpiade musim panas 2016 di Brasil.

Bahkan, seluruh tim paralimpiade Rusia dilarang mengikuti paralimpiade 2016. (Pamungkas)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.