Selasa, 24 November 2020

Kenali Ini Tanda-tanda Anda Sedang Depresi

Kenali Ini Tanda-tanda Anda Sedang Depresi

Foto. Kenali tanda-tanda depresi agar Anda segera bisa mencari solusinya. (nael)

Jakarta, Swamedium.com – Masalah berat dan beragam yang menghimpit manusia kerap membuat seseorang menjadi sangat tertekan atau depresi. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari bahwa dia sedang menderita depresi. Padahal depresi itu dampaknya buruk bagi kesehatan mental dan fisik manusia.

Menurut berbagai sumber, orang yang terserang depresi biasanya akan merasa kehilangan semangat atau motivasi, terus-menerus merasa sedih dan gagal, serta mudah lelah. Intinya, tidak ada gairah hidup. Kondisi ini bisa berlangsung selama enam bulan atau lebih. Bila ini dibiarkan, penderita depresi bisa berujung hingga bunuh diri.

Orang yang menderita depresi biasanya jadi sulit menjalani kegiatan sehari-sehari seperti bekerja, makan, bersosialisasi, belajar, atau berkendara secara normal.

Siapa pun bisa terserang depresi, terutama jika ada riwayat depresi dalam keluarga terdekat Anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita lebih berisiko terserang depresi daripada pria.

Depresi bahkan dikatakan bisa memicu terjadinya serangan jantung atau stroke. Sebelum terlambat, mari kita kenali tanda-tanda depresi seperti yang dilansir laman merdeka dari Livestrong.com berikut ini;

Marah dan mudah tersinggung
Kamu sering merasa gelisah atau tertekan karena suatu hal? Jika kamu termasuk orang yang mudah tersinggung atau marah, mungkin kamu perlu bantuan psikiater untuk mengendalikan emosi.

Sering mengkritik diri sendiri
Bagi orang-orang yang mengalami depresi, mereka seperti memiliki kemampuan untuk memandang diri sendiri lewat cara yang negatif.

Mudah putus asa
“Salah satu gejala terburuk dari depresi adalah perasaan putus asa,” kata konselor Jaime W. Vinick. Perasaan putus asa bahkan membuat beberapa orang memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka.

Kehilangan tujuan hidup
Orang yang mengalami depresi akan kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya mereka sukai. Itu akan membuat mereka semakin terpuruk dan terisolasi.

Perubahan berat badan
Ketika depresi, kebanyakan orang akan kehilangan minat mereka pada makanan. Sebaliknya, beberapa malah tidak dapat mengendalikan nafsu makan mereka.

Perubahan kebiasaan tidur
Sekitar tiga-perempat dari orang yang depresi menderita insomnia. Mereka mengalami kesulitan untuk tidur dan sering kali tidur larut malam.

Kelelahan
Depresi bisa membuat orang merasa tidak bersemangat dan kekurangan energi. Terlebih lagi, kualitas tidur yang buruk dapat memperburuk rasa kelelahan itu.

Sebab itu, kenalilah tanda-tanda saat depresi mulai menyerang tubuhmu dan segeralah mencari solusinya. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.