Tuesday, 21 January 2020

Panggil Saksi, Bareskrim Polri Tuntaskan Persekusi Ustadz Abdul Somad

Panggil Saksi, Bareskrim Polri Tuntaskan Persekusi Ustadz Abdul Somad

Foto: Ustadz Abdul Somad saat tiba di Bandara Syarif Kasim, Riau. (Hasbullah Tanjung/jurnalis warga/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Bareskrim Mabes Polri akan memanggil saksi-saksi dugaan tindak pidana Persekusi terhadap Ustda Abdul Somad, pada Rabu (24/1).

Saksi-saksi itu terkait Laporan yang diterima Bareskrim Mabes Polri sebagaimana tercatat dalam Laporan Polisi No. LP /1365/XII/2017/Bareskrim dengan Terlapor yaitu Sdr I Gusti Agung Ngurah Harta, I Gusti Ngurah Arya Wedakaran, Ketut Ismaya, Jemima Mulyandari, Gus Yadi alias Agus Priyadi, Mocka Jadmika, dan Arif.

Dalam laporannya, Ismar Syarifudin selaku Pelapor, menduga para terlapor telah menyebarkan Ujaran Kebencian di Media Sosial dan atau Penghadangan dan atau Persekusi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45a Ayat (2) UU No. 11 Tahun 2008 sebagaimana telah dirubah dengan UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 368 KUHP Ayat (1)dan atau Pasal 335 Ayat (1) Butir (1) KUHP dan atau Pasal 333 Ayat (1) butir (1) KUHP dan atau Pasal 59 Ayat (3) Huruf A, B, C dan D Jo Pasal 82a Ayat (1) dan Ayat (2) Perpu No. 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

“Pada kesempatan kali ada empat orang saksi yang dipanggil namun baru tiga saksi yang bisa hadir; dimana saksi-saksi ini nantinya akan memberikan keterangan seputar persekusi terhadap Ustad Abdul Somad termasuk bagaimana status-status medsos para terlapor selama ini, makanya selain persekusi dikenakan juga pasal-pasal sebagaimana termaktub dalam UU ITE”, ujar Perwakilan dari Tim Advokasi GNPF Ulama, Nasrulloh Nasution melalui keterangan tertulisnya, Selasa (23/1).

Dalam keterangannya, lanjut Nasrullah, para saksi ini akan dimintakan keterangannya pada hari Rabu esok tanggal 24 Januari 2018 di Bareskrim Polri, dimana ini merupakan panggilan kedua untuk para saksi.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.