Wednesday, 24 April 2019

PKS Dukung Pencapresan Jokowi, Mungkinkah?

PKS Dukung Pencapresan Jokowi, Mungkinkah?

Foto. Pilpres 2019 semakin dekat. Banyak yang berusaha merangkul PKS guna menjaring suara orang Islam. (ist)

Survei yang dilakukan oleh Median pada September 2017 menunjukkan hampir semua pemilih PKS tidak akan memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Hanya 2.5% pemilih PKS yang akan memilih Jokowi. Pemilih PKS kompak menilai Jokowi gagal menjalankan program kerjanya, karena itu tak layak dipilih kembali.

Dengan jumlah pemilih yang begitu rendah, jika sampai PKS memutuskan mendukung Jokowi, bisa menjadi semacam “bunuh diri” politik. Namun begitu bukan berarti otomatis PKS juga akan mendukung capres yang diusung Gerindra, dalam hal ini Prabowo. Survei yang sama juga menunjukkan pemilih PKS yang memilih Prabowo hanya 31.3%.

Di luar Jokowi, yang tampaknya juga berusaha melakukan pendekatan kepada PKS adalah PDIP. Kepentingan PDIP juga sama dengan Jokowi untuk mendekati kantong pemilih Islam. PKS menjadi sangat penting bagi PDIP, bila mereka terpaksa harus berpisah jalan dengan Jokowi dan mengusung capres sendiri.

Siapa terkuat?

Dari sembilan nama yang diusulkan PKS sebagai bacapres, yakni Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nurwahid, mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al Jufri, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Almuzammil Yusuf dan Mardani Ali Sera, siapa yang terkuat?

Ketua DPP Mardani Ali Sera menjagokan dua nama yakni Sohibul Iman, dan Anis Matta. Namun melihat track record dan dukungan internal maupun eksternal, nampaknya mengerucut pada dua nama, yakni Ahmad Heryawan (Aher) dan Anis Matta.

Dua figur ini punya reputasi yang meyakinkan. Keduanya juga masih sama-sama relatif muda. Aher (51), sementara Anis (49).

Aher punya pengalaman birokrasi yang mumpuni. Dia gubernur Jabar selama dua periode dengan segudang prestasi. Bersama lima gubernur lainnya, Aher baru saja dinobatkan oleh Kemendagri sebagai gubernur terbaik. Yang juga harus diperhitungkan, Aher adalah representasi etnis Sunda (15%) yang menjadi etnis kedua terbesar setelah Jawa.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)