Wednesday, 24 April 2019

PKS Dukung Pencapresan Jokowi, Mungkinkah?

PKS Dukung Pencapresan Jokowi, Mungkinkah?

Foto. Pilpres 2019 semakin dekat. Banyak yang berusaha merangkul PKS guna menjaring suara orang Islam. (ist)

Etnis Sunda sudah cukup lama tidak punya representasi di puncak pemerintahan Indonesia. Diperkirakan mereka akan solid, bila ada tokoh Sunda yang tampil bertarung di kancah politik nasional, tanpa memandang latar belakang politiknya. Aher juga punya basis dukungan yang kuat di kalangan umat Islam, termasuk di luar PKS.

Anis Matta dikenal sebagai Sekjen abadi PKS. Sebelum menjadi Presiden PKS dia menjabat posisi sekjen selama 15 tahun, termasuk ketika masih bernama Partai Keadilan. Kehebatannya terlihat saat dia berhasil mempertahankan, bahkan menambah suara PKS pada Pileg 2014, saat PKS porak poranda karena Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq terjerat korupsi impor sapi.

Anis Matta adalah seorang turn around artist. Dia bisa mengubah sebuah kekalahan menjadi kemenangan.

Anis Matta punya jaringan dan komunikasi yang cukup kuat dengan partai-partai lain. Terbukti saat dia menjadi salah satu motor dari Koalisi Merah Putih (KMP) dan beroposisi dengan Presiden Jokowi.

Anis Matta juga punya networking yang luas di dunia internasional khususnya negara-negara Afrika Utara, Timur-Tengah, Turki dan juga negara tetangga Malaysia. Sebagai etnis Bugis, Anis juga merupakan representasi dari Indonesia Timur seperti halnya Jusuf Kalla.

Dari dua nama tersebut, apabila benar salah satunya yang dimunculkan, akan memberi daya tawar yang cukup kuat bagi PKS di mata partner koalisi.

Secara internal keduanya juga punya pendukung yang cukup solid. Aher terpilih sebagai peraih suara terbanyak dalam pemilihan raya (pemira) sebuah mekanisme internal PKS untuk memilih bacapres. Sementara Anis, kendati sudah lama menghilang dan lebih banyak berkelana ke berbagai negara, terpilih sebagai peraih suara ketiga terbanyak. Ini menunjukkan para pendukungnya juga masih sangat kuat. (maida)

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)