Sabtu, 04 Desember 2021

Bahas Pengungsi dan Korban Konflik, PKS Sambangi UNHCR di Jenewa

Bahas Pengungsi dan Korban Konflik, PKS Sambangi UNHCR di Jenewa

Jenewa, Swamedium.com – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini memimpin delegasi politisi Fraksi PKS saat menyambangi kantor UNHCR-PBB di Jenewa, Swiss. Kedatangan Delegasi PKS ini membahas permasalahan seputar para pengungsi dan korban konflik di dunia.

Banner Iklan Swamedium

Jazuli mengapresiasi peran UNHCR selama ini dalam menyelamatkan pengungsi dan korban konflik. Menurutnya, hal ini sungguh satu tugas kemanusiaan dan peradaban yang sangat mulia.

Namun demikian, Jazuli terus mendorong agar PBB dalam hal ini UNHCR, semakin kuat dalam upaya mencegah dan menyelesaikan konflik dan kekerasan di berbagai belahan dunia, baik konflik atas nama rasial atau politik kekuasaan.

Menurut Anggota Komisi I DPR itu, konflik di dunia mengakibatkan hampir 47 juta orang di dunia menjadi pengungsi dan tercerabut dari lingkungan sosialnya. Yang datang dan ditangani negara Indonesia, baik yang terdaftar di UNHCR maupun yang tidak terdaftar mencapai 13 ribu orang.

“Sungguh menyedihkan nasib pengungsi korban konflik. Di Suriah saja mencapai 5,6 juta orang, pengungsi Rohingya mencapai 1,2 juta orang yang memasuki negara Bangladesh. Sementara 5 juta warga Palestina kini mengungsi ke berbagai negara,” kata Jazuli melalui rilisnya, Kamis (15/3).

“Para pengungsi Rohingya misalnya nasibnya kini tak menentu, jika mereka kembali ke Myanmar sudah tak jelas lagi tempat tinggalnya. Nasib yang sama dialami oleh pengungsi lainnya yang negaranya masih dilanda konflik,” sambungnya.

Untuk itu, kata Jazuli, atas nama kemanusiaan dan mewakili bangsa dan Pemerintah Indonesia, delegasi Fraksi PKS meminta PBB melakukan langkah-langkah yang lebih riil dan kongkrit dalam menghentikan kekerasan.

“Stop konflik dan kekerasan sekarang juga. Jangan lagi anak-anak, orang tua, dan umat manusia bersedih karena orang-orang yang mereka kasihi menjadi korban konflik dan kekerasan,” pungkasnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita