Monday, 26 August 2019

Menikmati Budaya Betawi di “Condet Punya Potensi”

Menikmati Budaya Betawi di “Condet Punya Potensi”

Foto: Ilustrasi budaya Betawi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur bekerjasama dengan Condet Kita Foundation akan menghelat Condet Punya Potensi. Acara yang menampilkan kekayaan lingkungan, seni dan budaya di Condet ini akan diadakan di Sungai Ciliwung dan Jalan Munggang, Condet Balembang, Jakarta Timur pada Sabtu (31/3).

Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur Iwan Henry Wardhana menjelaskan, Condet Punya Potensi adalah bagian dari rencana pemerintah untuk menjadikan Condet menjadi satu dari sembilan destinasi wisata di Jakarta Timur.

Menurut dia, masyarakat perkotaan harus diberi alternatif wisata selain rekreasi di gedung tinggi dan mal mewah. Sudah saatnya budaya yang bersumber dari kearifan lokal diberdayakan menjadi potensi wisata.

“Apalagi Condet ini dari literatur yang saya baca merupakan cikal bakal Jakarta,” ujar Iwan, Sabtu (24/3).

Iwan menjelaskan, pemerintah akan menjadikan Condet sebagai tujuan wisata edukasi. Nantinya, para pelajar dan kaum akademisi akan diajak untuk melihat bagaimana budaya betawi yang masih asri di Condet. Mereka bisa menyaksikan Sungai Ciliwung termasuk masyarakat bantaran kali yang ternyata sudah hidup sejak zaman prasejarah.

“Mereka kemudian kita ajak untuk menulis Condet seperti asal mula Balekambang, temuan prasejarah dan sebagainya,” kata dia.

Anggota DPD Jakarta Prof Dailami Firdaus menjelaskan, acara Condet Punya Potensi menjadi bagian dari upaya menjadikan Ciliwung sebagai destinasi wisata alam bagi warga Jakarta. Dailami yang juga merupakan inisiator Condet Punya Potensi menjelaskan, hasil penyusurannya di Sungai Ciliwung menunjukkan betapa kali di wilayah Condet memiliki potensi besar baik dari alam dan masyarakat sekitarnya. Terlebih, ada beberapa lokasi yang pernah menjadi lokasi penggalian artefak dari zaman prasejarah ribuan tahun sebelum Masehi.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)