Rabu, 02 Desember 2020

Anies Kisahkan Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Warga dari Amukan Api

Anies Kisahkan Aksi Heroik Petugas Damkar Selamatkan Warga dari Amukan Api

Jakarta, Swamedium.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkesempatan menjenguk petugas pemadam kebakaran (damkar) yang menjadi korban saat menyelamatkan warga dari amukan api saat terjadi kebakaran hebat di perumahan Taman Kota, Kembangan, Jakarta Barat.

Penghargaan setinggi-tingginya okeh Anies terhadap aksi heroik seorang petugas damkar, Muhammad Rifai ketika menyelamatkan seorang kakek itu diungkapkannya melalui akun Facebook dan Instagramnya, Jumat (30/3.)

Di tengah kobaran api dalam sebuah rumah, petugas ini melepas baju pelindungnya. Dia selimutkan baju itu pada seorang kakek. Lalu dia angkat kakek itu keluar. Kakek itu selamat dari api, tapi sang petugas terbakar tubuhnya. Dia relakan raganya dijilat api, asal kakek yg tak dikenalnya itu selamat.

Itulah Muhammad Rifai. Itulah petugas Pemadam Kebakaran kita. Sang Pemberani. Kawan dan atasannya menambahkan, sesungguhnya Rifai baru saja keluar dari kobaran api membawa korban. Sampai di luar dia mendengar bahwa masih ada satu orang tersisa di dalam. Saat itulah awal peristiwa heroik itu: Rifai putar balik, dia kembali masuk ke dalam rumah penuh kobaran api.

Saya temui Rifai di ruang ICU RSCM. Dia baru selesai operasi 4 jam. Tubuhnya penuh luka bakar. Perban sekujur tubuhnya. Saya pegang pundaknya, ia menengok. Matanya terbuka, senyum tertahan oleh selang-selang. Saya katakan: kami bangga, kami hormat. Rifai adalah pemberani dan teladan. Di sini fasilitas kesehatan dan dokter terbaik untuk luka bakar. Insya Allah akan segera pulih. Saat itu matanya bergerak, mengedip dan kepalanya mengangguk.

Di depan ruang ICU, ibu dan istrinya menunggu. Pada ibunya, berkerudung krem, saya sampaikan terima kasih. Terima kasih telah melahirkan dan membesarkan seorang pemberani, seorang pejuang. Pada istrinya, berkerudung hitam, yang sedang mengandung 6 bulan saya titipkan pesan: jangan bersedih, insya Allah Rifai segera pulih. Jaga kandungan baik-baik, bayi ini punya ayah seorang teladan dan insya Allah kelak dia akan lebih hebat dari ayahnya.

Pesan pada keluarga semua: dampingi Rifai, jaga kesehatan semua dan seluruh pengobatan hingga pulih adalah tanggung jawab kami di Pemprov DKI. Jangan pikirkan soal itu, fokuskan pada keluarga dan pemulihan kesehatan.

Itulah contoh seorang pemadam kebakaran. Mendatangi api di saat semua menjauhinya. Menantang api di saat semua menghindarinya. Pada Rifai dan semua yang berkerja melindungi warga, kita kirimkan apresiasi dan doa: Al Fatihah… *ABW . (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.