Tuesday, 18 June 2019

Rocky Gerung, Abu Janda dan Kitab Fiksi

Rocky Gerung, Abu Janda dan Kitab Fiksi

Foto: Permadi Arya yang bangga menamakan dirinya Abu Janda saat dibungkam Ustadz Felix Siauw soal Bendera Rasululllah di ILC. (TVone)

Oleh: Abdullah Sammy*

Jakarta, Swamedium.com – Pekan ini salah satu topik hangat yang tersaji di ruang publik adalah soal pernyataan salah satu Dosen Filsafat UI, Rocky Gerung di sebuah acara diskusi yang disiarkan televisi. Pernyataan Rocky membuat publik tersentak ketika menyebut kitab suci itu fiksi.

Konteks dari ucapan Rocky adalah terkait pembelaannya pada istilah fiksi yang mulai diperspsikan negatif. Padahal, menurut dia, fiksi mengandung muatan yang positif dan punya unsur kebenaran.

Pada akhirnya ucapan Rocky menimbulkan polemik. Pada sisi ini, saya menilai ucapan Rocky yang mengaitkan kitab suci dengan fiksi adalah gegabah dan jauh dari kata akurat. Sekalipun, didasari dalil-dalilnya soal fiksi yang punya konotasi positif, tapi dasar dari ucapan kitab suci adalah fiksi sangat lemah. Apalagi forum perdebatannya bukan di ranah akademis.

Jika konteks perdebatannya terjadi dalam debat antara pemuka agama verus atheis ucapan Rocky masih bisa dipahami. Sayangnya konteks perdebatan ini berada di ruang publik. Sehingga tidak tepat dengan dalil apapun mengaitkan kitab suci dengan fiksi. Terlebih pernyataan ini diucapkan terbuka di sebuah negara yang menjunjung ketuhanan yang maha esa.

Saya ingin mengaitkan ucapan Rocky ini dengan kitab suci yang saya ketahui dan imani, Quran. Bagi umat Islam, Quran adalah kitab yang suci dan sempurna. Quran tak bisa disetarakan atau disandingkan dengan produk manusia, sekalipun itu konotasinya positif .

Saya ingin mengutip Quran Surat Yunus ayat 37, “Tidaklah mungkin Al Qur’an ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Qur’an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.”

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)