Kamis, 05 Agustus 2021

GPII Jakarta: Tragedi Monas Nodai Kebijakan Anies

GPII Jakarta: Tragedi Monas Nodai Kebijakan Anies

Jakarta, Swamedium.com — Acara Pesta Rakyat yang digagas oleh Forum Untukmu Indonesia yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas) Sabtu (28/4) menyisakan tragedi dengan tewasnya dua anak setelah ikut serta dalam desak desakkan pembagian sembako.

Banner Iklan Swamedium

Hal itu terjadi karena acara pembagian sembako yang menjadi salah satu bagian kegiatan tetap dilaksanakan meski Pemprov DKI sudah melarang.

Menurutnya, peristiwa tewasnya dua bocah dan kesemrawutan penyelenggaraan acara Pesta Rakyat di Monas itu telah merusak citra dibukanya Monas untuk kegiatan masyarakat dan acara keagamaan. 

“Kebijakan Gubernur Anies membuka Monas untuk kegiatan rakyat jadi ternoda. Padahal kebijakan tersebut sangat populis dan mengembalikan fungsi Monas sebagai kebanggaan rakyat kecil”,  ujar Ketua Umum Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Jakarta Raya, Ega Sarkis, Kamis (3/5).

Ega menyarankan kepada Pemprov DKI untuk selektif dan meneliti profesionalisme Event Organizer atau lembaga yang mengajukan kegiatan di Monas.

“Lembaga yang terbukti tidak kredibel dalam kegiatan yang mengumpulkan massa sebaiknya tidak usah diberi izin menyelenggarakan kegiatan di Monas”, tegasnya. 

Untuk itu dia meminta pihak kepolisian bisa mengusut tuntas tragedi Monas itu.

“Kepolisian harus mengusut tewasnya dua bocah akibat antre sembako dalam pesta rakyat di Monas”, kata dia.

Ega juga menganggap panitia pelaksana harus bertanggung jawab atas pelanggaran yang terjadi selama pelaksanan kegiatan tersebut. 

“Phak panitia harus bertanggung jawab atas insiden tersebut,” tambahnya. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita