Rabu, 04 Agustus 2021

OPD Tidak Hadir Dewan Protes, Paripurna Diskor 2 Kali

OPD Tidak Hadir Dewan Protes, Paripurna Diskor 2 Kali

Rapat Paripurna yang dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Jabar, Abdul Haris Bobihoe sempat diwarnai dengan dua kali skors, pertama 5 menit, yang kedua 2 x 2 menit.

Bandung, Swamedium.com – Rapat Paripurna terkait Nota Pengantar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) dalam penyampaian Tiga Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat, mundur dari jadwal yang telah disepakati, Jumat (4/5).

Banner Iklan Swamedium

Berdasarkan pantauan, paripurna yang dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Jabar, Abdul Haris Bobihoe sempat diwarnai dengan dua kali skors, pertama 5 menit, yang kedua 2 x 2 menit.

Paripurna diskors lantaran tidak memenuhi qourum. Anggota yang hadir hanya 22 orang dari yang seharusnya 100 orang. Sedangkan angka quorum adalah setengah lebih satu dari total anggota DPRD.

Paripurna yang sedianya dimulai pukul 14.00 baru dimulai pukul 15.00 WIB, setelah ada kesepakatan dari seluruh anggota dewan yang hadir.

Saat skor terjadi, salah seorang anggota dewan dalam interupsinya mengatakan, dewan tidak hadir karena saat paripurna terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2017 dan LKPJ Akhir Masa Jabatan (AMJ) 2013 – 2018, OPD banyak yang tidak hadir.

Sekretaris DPRD Jawa Barat, Daud Achmad mengungkapkan, anggota dewan yang melaporkan untuk pengajuan izin absen ada sekira 14 orang. Sedangkan sisanya tidak diketahui.

“Ada yang izin cuti kampanye, umroh. Biasanya izin langsung ke ketua fraksi. Anggota dewan kan keperluannya banyak, karena hari ini ada 2 Paripurna. Tadi pagi ada yang hadir, terus bilang ke temennya kalau nanti siang izin,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan tidak berbicara banyak saat ditanya soal keterkaitan aksi protes DPRD hari ini. Dia hanya menjawab, penyebab mundurnya rapat paripurna yang diketahuinya karena anggota dewan datang terlambat.

“Ngga tahu saya, yang saya tahu itu terlambat,” ucapnya singkat. (Ris)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita