Rabu, 04 Agustus 2021

Tak Pakai APBD, Stadion BMW Bakal Jadi Stadion Kekinian

Tak Pakai APBD, Stadion BMW Bakal Jadi Stadion Kekinian

Foto: Instagram Kabar Persija

Jakarta, Swamedium.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengungkapkan, pembangunan stadion yang nantinya akan diberi nama Jakarta Internasional Stadion (JIS) itu akan dilaksanakan pada Oktober mendatang. Pemprov pun membutuhkan biaya sebesar Rp 4,7 triliun untuk membangun stadion itu.

Banner Iklan Swamedium

“Proses KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha) untuk menghadirkan stadion Jakarta International Stadion (JIS). Kita harapkan Oktober sudah mulai dibangun. Perkiraan anggaran Rp 4,7 triliun,” kata Sandi di Blok G Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (4/5).

Sandi mengatakan, pembiayaan pembangunan stadion bukan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), melainkan berasal dari kerja sama yang dilakukan oleh pemerintah dengan badan usaha.

“(Anggaran) bukan dari APBD, tapi badan usaha. Kerja sama bentuk dengan kemitraan pemerintah dan badan usaha, konsep PPP (Privat Public Partnership),” ujarnya.

Konsep pembangunan stadion, kata Sandi, akan mengusung konsep kekinian yang menghadirkan daya tarik bagi pengunjung stadion. Meski demikian, Sandi tetap akan melibatkan masyarakat setempat untuk berpartisipasi di dalamnya.

“(Konsep) kekinian. Ada wedding, ada Instagram, ada sport tourism, ada sports living, ada healthy living, ada makanan kuliner, ada masjid, dan paling terpenting sekali adalah ini menggabungkan dan melibatkan masyarakat sekitar,” kata dia.

Selain itu, menurut Sandi, Pemprov juga merancang akses kemudahan transportasi menuju ke stadion. Saat ini, Pemprov sedang melakukan proses lobi untuk membangun stasiun untuk memudahkan transportasi berbasis rel.

“Transportasi ada jalan tol, KRL. Kita lagi lobi KAI untuk membuka stasiun di sana. Kalau dengan Jakpro sudah direncanakan stasiun ini punya stop khusus untuk LRT, kalau KAI sudah ada pembicaraan. Di situ ada Stasiun Ancol. Lahannya juga lahan KAI, sebagian di kereta,” pungkasnya. (*/ls)

Kumparan

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita