Jumat, 25 September 2020

Hari Ini, AS Resmikan Pembukaan Kedubes di Yerusalem

Hari Ini, AS Resmikan Pembukaan Kedubes di Yerusalem

Kementerian Luar Negeri AS menyatakan pembukaan kedutaan bertepatan dengan 70 tahun peringatan pengakuan Amerika atas Israel sebagai sebuah negara. Hari berdirinya Israel, yang diperingati Palestina sebagai Hari Bencana atau Nakba. Dimana ratusan warga Palestina terpaksa mengungsi meninggalkan rumah-rumah mereka saat dimulainya penjajahan Israel.

Kota Yerusalem, sejak lama terbagi menjadi wilayah Barat yang banyak dihuni warga Yahudi, dan Yerusalem Timur yang didiami warga Arab Palestina. Karenanya, Palestina mendambakan Yerusalem Timur sebagai ibu kota jika merdeka dari Israel. Komunitas internasional juga sepakat bahwa status Yerusalem harus ditentukan dengan dialog perdamaian Israel-Palestina. Sehingga langkah sepihak Trump menimbulkan kecaman seluruh dunia.

Hanya sejumlah negara, terutama yang bergantung pada bantuan Amerika Serikat, mendukung atau tidak berani bersikap soal keputusan AS memindahkan kedutaan ke Yerusalem.

Mengikuti AS, Guatemala dan Paraguay telah menyatakan akan memindahkan kedutaan mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem. (*/ls)

CNN

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.