Kamis, 05 Agustus 2021

Tepati Janji Kampanye, Anies-Sandi Lepas Saham Bir

Tepati Janji Kampanye, Anies-Sandi Lepas Saham Bir

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya memutuskan untuk melepas 26,25% saham Pemprov DKI pada perusahaan pembuat bir, di PT Delta Djakarta.

Banner Iklan Swamedium

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengonfirmasi pelepasan saham itu dilakukan Rabu (16/5) malam tadi, tepat pada malam pertama bulan suci Ramadan.

“Pemprov DKI Jakarta memastikan akan melepas 26,25 persen saham di perusahaan PT Delta Djakarta, perusahaan pembuat bir, jadi 26,25 itu kita pasti dilepas. Jadi ini bukan akan, tapi pasti dilepas,” kata Anies pada jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/5) malam.

Saat ini, dividen yang didapat dari PT Delta Djakarta yang rata-rata Rp38 miliar setiap tahunnya. Namun jika saham dijual, maka akan ada dana segar didapat sebesar Rp1 triliun.

Sementara jika ingin mendapatkan deviden Rp1 triliun, Pemprov DKI harus menunggu lebih dari 30 tahun lagi.

“Kalau kita mau mendapatkan Rp1 triliun dengan mempertahankan saham di Delta, mungkin kita perlu 30 tahun lebih, baru bisa dapat angka satu triliun,” ucapnya.

Anies menjelaskan proses pelepasan saham Pemprov DKI Jakarta di perusahaan produsen Anker Bir ini tinggal menunggu proses di konsultan dan persetujuan DPRD.

Anies yakin DPRD bakal meloloskan gagasan melepas BUMD yang menyumbang dividen Rp40 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta tersebut.

“Insyaallah, insyaallah disetujui. Terima kasih, selamat puasa,” ucap Gubernur yang didukung Partai Gerindra dan PKS di Pilgub DKI 2017 lalu.

Tepati Janji Kampanye

Dalam masa kampanye di Pilkada DKI 2017, Anies-Sandi memang menjanjikan akan melepas saham di perusahaan produsen minuman beralkohol tersebut.

Dalam janjinya, Anies menyebut akan menjual saham Pemprov DKI di perusahaan bir itu jika terpilih dan uang hasil penjualan akan digunakan membangun fasilitas publik.

Janji dan realiasi Anies ini terbilang cukup berani karena Pemprov DKI sudah 41 tahun sejak tahun 1967 menjadi pemegang saham terbesar di PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) yang memproduksi Anker Bir, Carlsberg, San Miguel, dan Stout. (*/ls)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita