Wednesday, 24 April 2019

IITCF Yakin Indonesia Jadi Kiblat Wisata Halal Dunia

IITCF Yakin Indonesia Jadi Kiblat Wisata Halal Dunia

Jakarta, Swamedium.com – Saat ini tak hanya wisata konvensional yang menjadi pilihan bagi para traveler. Dalam beberapa tahun terakhir wisata halal di berbagai negara sudah menjadi trend tersendiri bagi traveler muslim

Dalam catatan Mastercard-HalalTrip Muslim Millenial Travel Report 2017 (MMTR2017), perjalanan wisatawan muslim generasi milenial di dunia diprediksi akan terus tumbuh pesat hingga mencapai nilai US$100 miliar pada 2025. Sementara secara keseluruhan segmen perjalanan muslim diperkirakan akan mencapai US$300 miliar di tahun 2026.

Sementara data Word Travel and Tourism Council pada 2013 mengemukakan bahwa nilai transaksi dari segmen wisata muslim telah mencapai US$140 miliar dan diperkirakan terus meningkat menjadi US$238 miliar pada 2019.

Founder & Chairman Indonesia Islamic Travel Communication Forum (IITCF), Priyadi Abadi, mengatakan, Indonesia sebagai negara mayoritas berpenduduk muslim harus lebih maju dibanding dengan negara lain dalam mengembangkan wisata halal tersebut.

“Jangan sampai malah justru tertinggal. Bahkan, Indonesia sangat berpotensi menjadi kiblat wisata halal dunia,” kata dia di Jakarta, Rabu (30/5).

Priyadi menjelaskan, perlu edukasi untuk mengubah mindset masyarakat yang selama ini belum terlalu mengetahui biro wisata halal. Untuk itu, diadakan aktivitas rutin pelatihan wisata muslim (edutrip) di dalam maupun luar negeri. Edutrip tersebut diikuti oleh para pemilik travel muslim, tour leader maupun tour planner.

Selain mengedukasi masyarakat di bidang pariwisata, Priyadi pada tahun lalu juga telah merintis terobosan untuk menyatukan produk travel muslim melalui konsorsium untuk memberikan layanan kepada wisatawan muslim yang ingin traveling ke mancanegara dengan konsep islami.

Konsorsium ini bernama Muslim Holiday Konsorsium. Lahirnya Muslim Holiday ini, tambah Priyadi, sebagai bentuk keprihatinan karena masih minimnya travel muslim yang menggarap pasar wisata muslim.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)