Friday, 18 October 2019

Kesiapan Suramadu Sambut Arus Mudik dengan “Jalur Maut Sepeda Motor”

Kesiapan Suramadu Sambut Arus Mudik dengan “Jalur Maut Sepeda Motor”

Oleh: M. Isa Anshori*

Surabaya, Swamedium.com — Madura memang tidaklah terlalu jauh, karena hanya dipisah oleh Selat Madura. Butuh waktu 20 menit perjalanan laut dengan menggunakan kapal ferry dari pelabuhan Tanjung Perak ke Kamal Bangkalan Madura. Seiring dengan perkembangan transportasi dan jalan, pelahan tapi pasti, perjalanan ke Kamal Bangkalan Madura melalui jalur laut mulai ditinggalkan. Hadirnya jembatan Suramadu, menjadi lonceng kematian bagi transportasi laut Surabaya – Kamal. Betapa tidak, arus penumpang yang dulu bergantung dengan kapal ferry, sekarang mempunyai alternatif jalur penyebarangan yaitu jalan jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu menjadi harapan baru bagi kecepatan dan kelancaran hilir mudik Surabaya Madura dan sebaliknya. Jembatan Suramadu lebih memberi kepastian kecepatan dan ketepatan waktu tempuh perjalanan. Kondisi jalan dan layanan perjalanan menjadi sebuah keniscayaan bagi terbangunnya harapan baru tersebut.

Jalur Suramadu yang dulunya harus berbayar, terutama di jalur motor, tentu memberi kepastian bagi perawatan dan keamanan jalan bagi para penggunanya. Namun seiring dengan kebijakan pembebasan tarif masuk jalur motor, satu sisi akan mengurangi biaya pengeluaran bagi pengguna jalur motor, tapi disatu sisi juga akan berdampak bagi pemasukan pendapatan bagi pengelola jalur. Dampak lainnya, para pengguna jalur tidak terkontrol, sehingga ini juga menjadi ancaman keamanan bagi para pengguna jalan, terutama kalau malam hari. Pernah terjadi penghadangan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab terhadap pengguna lainnya di jalur tengah antara Surabaya – Bangkalan, akibatnya pengguna jalan yang niatnya baik mengalami luka dan kerugian, karena memang suasana yang sangat mendukung, penerangan tidak ada dan pengawasan juga sudah dilepaskan. Akibatnya tindakan keamanan baru akan dilakukan kalau sudah korban dan melaporkan.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.