Saturday, 20 July 2019

THR Anies buat Rakyat

THR Anies buat Rakyat

Foto: Tony Rosyid. (ist)

Oleh: Tony Rosyid*

Jakarta, Swamedium.com – Jokowi kasih THR. Gaji 13 buat PNS. Para gubernur, bupati dan walikota juga tak luput perhatian. Dapat juga THR . Dananya dari anggaran APBD. Loh? Risma dan sejumlah kepala daerah teriak. Merasa terbebani. Ahli hukum kasih warning. Anggap kebijakan Jokowi bisa jadi temuan KPK.

Tak kalah dari Jokowi, Anies juga kasih THR. Kali ini, bukan untuk PNS dan anak buahnya. Tapi, THR itu untuk rakyat. Untuk semua anak bangsa. Apa itu? Reklamasi tutup. Disegel. Anies pimpin langsung. Rupanya, punya nyali.

Ingat reklamasi, ingat Jokowi dan Ahok ketika jadi gubernur DKI. Kok mereka gak cegah ya? Jelas pelanggaran. Apa yang dilanggar? Perda No 1 Tahun 2014. Perda No 7 Tahun 2010. Pergub No 128 Tahun 2012.

Sudah dicegah. Masa? Tepatnya disegel. Dipasang plang. Berarti dari dulu dianggap melanggar? Pemprov DKI tahu dong? Anda benar. Sayangnya, gak ada media yang liput. Seolah tak boleh ada yang ngontrol. Pembangunan jalan terus. Formalitas dong? Kira-kira begitu. Ah, kayak gak tau aja.

Ingat reklamasi, ingat juga Pak Luhut Binsar Panjaitan. Orang mengenal dengan inisial LBP. LBP sering dipanggil Bapak Reklamasi. Tokoh satu ini pasang badan. Akan lawan siapapun yang coba-coba halangi proyek reklamasi. Tantang debat. Siap adu argumen. Wajah tegang LBP siap hadapi siapa saja, termasuk gubernur baru.

Tapi, saat reklamasi disegel, LBP gak muncul. Dan sudah lama tak muncul. Kenapa? LBP seorang tokoh yang taat hukum. Ketika tahu reklamasi langgar hukum, LBP tarik diri. Alias diam. Gentle dan fair. Perlu kita apresiasi sikap LBP. Begitulah seharusnya sikap seorang negarawan. Gak ngotot.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (1)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (1)