Monday, 26 August 2019

Hingga Kini, Status Gempa Lombok Bukan Bencana Nasional

Hingga Kini, Status Gempa Lombok Bukan Bencana Nasional

Jakarta, Swamedium.com — Menko Polhukam Wiranto menyatakan, pemerintah pusat belum menaikan status gempa Lombok sebagai bencana nasional.

Wiranto menyebut, pemerintah pusat terus membantu logistik untuk para korban, sekaligus mendampingi Pemprov NTB hingga mampu menyelesaikan penanganan korban.

Pemerintah NTB dinilai masih berfungsi, sehingga bisa menangani korban dan kerusakan yang terjadi.

Sementara, Kementerian Sosial memastikan seluruh kebutuhan korban gempa akan terpenuhi selama tanggap darurat.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Fahri Hamzah meminta pemerintah pusat segera mengumumkan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang terjadi berturut-turut dinaikkan statusnya sebagai bencana nasional. Tujuannya agar penanganannya lebih maksimal.

“Bukan saja karena skala dari bencana itu, tetapi ini satu pulau yang terguncang dan di sana itu (sebenarnya wilayah baru yang sedang kita perkenalkan ke dunia internasional sebagai daerah tujuan wisata). Dan Lombok ini sedang mendapat perhatian yang menggairahkan, karena sebut sebagai tujuan destinasi wisata halal terbaik di dunia,” kata Fahri kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/8).

Lombok, lanjut politisi PKS yang juga berasal dari NTB itu, merupakan salah satu pulau yang menjadi radar dunia internasional untuk dikunjungi. Sedang dalam perhatian dunia itu, tiba-tiba terjadi gempa maka pemerintah harus melakukan reaksi cepat terhadap penanganannya.

“Nggak semasif yang terjadi Aceh. Tetapi, karena efeknya itu meluas hampir di seluruh pulau, dan bahkan di kota Mataram saja, dan Lombok Barat, tadi saya mendapat gambaran, kantor Bupati Lombok Barat yang jauh dari titik gempa, itu saja hancur. Artinya kalau yang jauh saja ada korban yang meninggal, apalagi yang terdekat yang sekarang ini sedang tahapan evakuasi,” jelasnya.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)