Minggu, 24 Januari 2021

Jelang Pertemuan IMF – World Bank, Gunung Agung Berstatus Siaga

Jelang Pertemuan IMF – World Bank, Gunung Agung Berstatus Siaga

Foto: Pengamatan Visual Gunung Agung. (Twitter Soetopo Purwo Nugroho)

Jakarta, Swamedium.com — Bali akan menjadi tuan rumah pertemuan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) dan Bank Dunia (World Bank/WB) pekan depan. Gunung Agung berstatus siaga jelang digelarnya agenda internasional itu.

Banner Iklan Swamedium

Indonesia memilih Bali sebagai tempat digelarnya pertemuan IMF dan Bank Dunia pada 8-14 Oktober 2018. Pertemuan IMF-World Bank bertempat di BNDCC dan BICC Nusa Dua, Kabupaten Badung.

Jelang pelaksanaan pertemuan IMF-World Bank, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan melakukan peninjauan langsung aktivitas Gunung Agung, Bali.

“Gunung Agung statusnya saat ini siaga,” ungkapnya, Jumat (5/10).

Sementara, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar menyebut seandainya terjadi skenario terburuk meletusnya Gunung Agung, maka kemungkinan hanya berdampak debu-debu tipis di lokasi pertemuan tahunan IMF-World Bank. Hal itu terjadi jika arah angin bergerak dari Gunung Agung ke barat daya, ke arah lokasi acara berlangsung.

“Tapi BMKG memprediksi arah angin bergerak ke Timur dalam seminggu ini,” ungkap Rudy.

Rudy menjelaskan jarak Gunung Agung dengan pertemuan IMF-World Bank adalah 70 kilometer. Menurutnya, aktivitas Gunung Agung sejauh ini belum menunjukkan indikasi bertambah level statusnya.

“Sampai saat ini belum ada tanda-tanda. Dalam seminggu terakhir aktivitas tidak bergejolak,” pungkas Rudy.

Sumber: Kiblat.net

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita