Tuesday, 23 April 2019

Pertarungan Kehormatan Khabib

Pertarungan Kehormatan Khabib

Oleh: Felix Siauw*

Jakarta, Swamedium.com — Terus terang, saya bukan termasuk penggemar olahraga keras semisal UFC, tapi beberapa hari ini olahraga ini mau tak mau menyita perhatian saya.

Sebabnya ini bukan tanding biasa, ini tentang salah satu legenda UFC yang punya TV series sendiri, Connor McGregor melawan seorang Muslim.

Tak sembarang, McGregor memang terkenal rasis, bebas, dekat dengan alkohol, tak memiliki respek pada lawannya, beringas, singkatnya preman.

Sedang lawannya, Khabib Nurmagomedov bertentangan imajinya. Khabib tak segan memposting murattal di akun instagramnya, dan berbagai posting dakwah lainnya.

Bila di lapangan hijau ada M. Salah, di ring UFC ada Khabib. Dan pertarungan ini berubah dari pertarungan gelar kepada pertarungan harga diri.

Pasalnya, ketika temu pra-tanding, McGregor berkali-kali memprovokasi Khabib dengan mengatakan bahwa tim Khabib teroris, dan tuduhan-tuduhan lainnya.

Bahkan McGregor tak segan menawarkan paksa beer kepada Khabib, sambil menghina dan mencela. Semua ditanggapi kalem dan santun oleh Khabib.

Khabib malah menjadikan itu semua kesempatan baginya untuk berdakwah, “Saya tak pernah minum (khamr) seumur hidup saya”, begitu tegasnya.

Dia ulang-ulangi, “Alhamdulillah”, “InsyaAllah”, “Islam adalah yang no. 1, olahraga bukan no. 1”, “semua alkoholik akan berakhir dengan cara sama”, begitu.

Pertarungan itu berjalan dengan kemenangan dramatis, walau harus dikotori hinaan tim McGregor pada agama, negara dan orangtua Khabib.

Kemenangan itu bukan hanya milik Khabib, tapi juga milik seluruh Muslim dunia. MasyaAllah, inilah tanda bahwa Muslim itu tidak terpisah perasaan dan pemikirannya.

Juga menandakan yang lain, bahwa Muslim sangat merindukan sosok yang mampu bangga dengan Islam-nya melebihi yang lain, sosok HERO.

Demikian kemenagan-kemenangan kecil yang mengingatkan kita akan betapa Muslim punya harga diri dan respek, Allah diatas segalanya.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)