Thursday, 18 July 2019

Semangat Prabowo Mengaji dan Memahami Islam

Semangat Prabowo Mengaji dan Memahami Islam

Oleh: Ir. Ansufri Idrus Sambo*

Bogor, Swamedium.com – Dalam beberapa kesempatan di hadapan publik, Prabowo Subianto sering memperkenalkan Ustaz Sambo, guru ngajinya. “Ini guru saya, walaupun aku gak lulus-lulus,” ujarnya sambil tersenyum.

Sikap “mengakui” itulah yang membuat Sambo tidak pernah bisa melupakan sosok yang saat ini menjadi calon presiden Indonesia.

Kekaguman Sambo, walaupun sudah berpangkat tinggi dan berumur, Prabowo tidak malu untuk belajar mengaji secara rutin. Prabowo belajar ngaji sekitar tahun 1998-1999. Prabowo menerima ketika sang guru Sambo menegur dari setiap bacaan Qurannya yang salah. Padahal Sambo saat itu usianya jauh lebih muda, 29 tahun.

Sambo sebenarnya adalah insinyur pertanian jurusan Matematika, lulusan Institut Pertanian Bogor. Selain menggali ilmu di IPB, lelaki kelahiran Medan 20 November 1970 ini juga tertarik mendalami Islam. Selama dua tahun ia mondok di Pesantren Ulil Albab Ibnu Khaldun Bogor, pimpinan KH Didin Hafihuddin. Setelah lulus dari pesantren, Sambo berkesempatan pergi ke Jordania, untuk menimba ilmu bahasa arab dan ilmu tafsir. Ia pun menunaikan haji pada tahun 1999.

Bagaimana awal perkenalan dengan Prabowo?
Waktu muda dulu saya aktif di KISDI (Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam) pimpinan Ahmad Sumargono (alm) termasuk juga BKsPP, Dewan Dakwah, dan saya bergabung dengan kegiatan-kegiatan organisasi itu.

Nah beberapa kali kita ikut kegiatan yang dihadiri oleh Prabowo saat menjadi Danjen Kopassus. Misalnya, pada awal 1998 saat ada acara buka puasa bersama di Markas Kopassus Cijantung Jakarta Timur. Waktu itu ada Rhoma Irama, Din Syamsuddin, Ketua MUI, Menteri Agama Said Agil Munawar dan lainnya.

Apa yang disampaikan Prabowo saat orasi ketika itu?
Yang saya ingat ketika itu, Pertama, Prabowo mengatakan bahwa umat Islam adalah mayoritas di negeri ini, kalo umat Islam kuat maka Indonesia akan kuat sebaliknya jika umat Islam lemah maka Indonesia akan lemah.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)