Rabu, 12 Agustus 2020

Suara Gemuruh di Langit Terdengar di Lampung

Suara Gemuruh di Langit Terdengar di Lampung

Foto: Antara

Bandarlampung, Swamedium.com – Sejumlah warga di beberapa wilayah Provinsi Lampung pada Selasa (25/12) hingga Rabu dini hari mengaku mendengar suara dentuman atau gemuruh dari langit dan melihat kilatan cahaya di kejauhan. Mereka cemas dan mempertanyakan kepastian fenomena alam atau adanya potensi bencana alam akan terjadi.

Beberapa warga, seperti Nur Amin dari Kabupaten Mesuji, sejumlah warga dari pesisir Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, bahkan wilayah perbatasan Provinsi Lampung, Rabu, mengaku mendengar suara dentuman atau gemuruh di langit sekitar wilayah mereka.

Sejumlah warga yang masih bertahan di Pulau Sebesi, gugusan pulau di Selat Sunda, dekat dengan kawasan Gunung Anak Krakatau, seperti Yaya Sudrajat menyatakan menjelang tengah malam pada wilayah yang berjarak sekitar 18 kilometer tidak merasakan getaran, namun justru mendengar suara gemuruh, kilatan api seperti petir.

Pada siang hari sebelumnya, warga setempat juga melihat abu yang membumbung dari puncak Gunung Anak Krakatau.

Warga Ketapang, Lampung Selatan, Ruli, mengaku melihat kilatan cahaya dan suara gemuruh terus menerus yang diperkirakan berasal dari arah Gunung Anak Krakatau.

Beberapa warga lainnya juga mempertanyakan suara dentuman/gemuruh dan kilatan petir itu, dan mengharapkan pihak berwenang dapat menjelaskannya sehingga tidak menimbulkan kecemasan bagi mereka.

Petugas pengamat/Kepala Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan, Andi Suardi, melalui sarana media sosial infocuaca BMKG Lampung menyatakan suara dentuman itu hingga Rabu dini hari masih terdengar.

Namun dia tidak tahu apakah suara itu bisa sampai ke Kabupaten Mesuji, Lampung, mengingat di Kalianda, ibu kota Lampung Selatan saja tidak terdengar.

Beberapa warga di kawasan pesisir Selat Sunda di Lampung Selatan mengaku hingga Rabu pagi ini masih mendengar suara dentuman, diduga berasal dari aktivitas Gunung Anak Krakatau itu.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.