Monday, 22 April 2019

Peringatan Keras untuk Polri untuk Tidak Intervensi Pilpres 2019

Peringatan Keras untuk Polri untuk Tidak Intervensi Pilpres 2019

Oleh : Yudi Syamhudi Suyuti*

Jakarta, Swamedium.com — Belakangan ini kita menyaksikan dan merasakan banyaknya oknum pejabat Polri ditingkatan Polri, Polda, Polres hingga Polsek di seluruh Indonesia terindikasi melakukan penyalahgunaan wewenang dengan ikut intervensi dalam proses politik praktis. Hal ini sangat menjadi perhatian keras kami dari seluruh relawan nasional dan pendukung Paslon Presiden dan wakil Presiden Prabowo-Sandi.

Perlu diketahui, bahwa kami sebagai Relawan Nasional Prabowo-Sandi begitu cinta dengan institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berfungsi sebagai salah satu Criminal Justice System (Sistem Peradilan Pidana) dalam sistem Negara Republik Indonesia, dimana dalam proses penegakan hukum, Kepolisian adalah instrument yang begitu penting bagi kami, masyarakat dan rakyat Indonesia.

Namun sangat disayangkan, di era demokrasi, dimana Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi salah satu landasan utama aparat kepolisian dalam menegakkan hukum, yang telah digariskan dalam konstitusi kita UUD 45, ternyata masih ada dan banyaknya oknum aparat kepolisian yang justru terlibat politik praktis.

Bahkan lebih dari itu, seringkali oknum aparat kepolisian memposisikan diri seperti sayap dari kekuatan politik tertentu.

Hal ini sangat disayangkan, karena justru menjadi mara bahaya bagi kehidupan sosial politik di Indonesia ketika kita bersepakat bahwa politik dalam era demokrasi dibangun melalui cara-cara sipil dan bermartabat.

Sehingga prinsip dalam dasar Negara kita, Pancasila, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dapat mewujud melalui praktek politik yang kita jalankan.

Larangan Polri terlibat dalam politik praktis telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pasal 28 (1) berbunyi, “Kepolisian Negara Republik Indonesia bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis.”

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)