Wednesday, 19 June 2019

Menjawab Tudingan atas Perbaikan Dokumen Visi dan Misi Prabowo-Sandi

Menjawab Tudingan atas Perbaikan Dokumen Visi dan Misi Prabowo-Sandi

Oleh: Tarli Nugroho*

Jakarta, Swamedium.com — Sejak kemarin muncul komentar bernada minor di beberapa grup WA, grup Facebook, serta oleh tim kampanye toko sebelah atas revisi dokumen Visi & Misi Prabowo-Sandi. Toko sebelah bahkan menyebut jika Visi dan Misi Prabowo-Sandi mencontek visi dan misi mereka. Saya hanya tersenyum saja membacanya.

Dokumen Visi dan Misi Prabowo-Sandi memang telah diperbaiki. Dokumen perbaikannya telah diserahkan ke KPU pada tanggal 9 Januari 2019 kemarin. Tidak ada perubahan substansi dan materi dalam perubahan itu, kecuali perbaikan tampilan fisik dan redaksional. Dan ini sebenarnya bukan dokumen perubahan yang pertama.

Jika kubu toko sebelah meradang atas perubahan tampilan dokumen visi dan misi Prabowo-Sandi, saya mengira itu sebenarnya karena mereka lalai memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh KPU untuk memperbaiki dokumen mereka hingga sebelum debat pertama Capres/Cawapres digelar pekan depan.

Ya, KPU memang memberi kesempatan pada kedua pasangan calon untuk memperbaiki/menyempurnakan dokumen visi dan misinya hingga batas waktu sebelum debat pertama digelar, 17 Januari 2019.

Saya ingin bercerita sedikit ihwal perumusan dokumen visi dan misi ini, karena kebetulan saya ikut terlibat di dalamnya. Pertama, perlu ditegaskan jika materi serta substansi dokumen visi dan misi Prabowo-Sandi telah selesai dirumuskan sejak sebelum pendaftaran Calon Presiden/Wakil Presiden tanggal 10 Agustus 2018 lalu. Jadi, saat pendaftaran Calon Presiden/Wakil Presiden, dokumen visi dan misi telah diserahkan pada tanggal itu juga. Tampilannya waktu itu masih sangat sederhana, formal, pendek kata ‘old fashion’.

Namun, KPU memberikan kesempatan kepada pasangan calon untuk memperbaiki dokumen tersebut hingga sebelum tanggal penetapan Capres/Cawapres tanggal 20 September 2018. Itu sebabnya, antara tanggal 10 Agustus 2018 hingga sebelum 20 September 2018, dokumen visi dan misi mengalami proses perbaikan. Seingat saya, pada periode ini tidak ada tambahan materi dan substansi, hanya ada perbaikan redaksional serta pengorganisasian ulang ide dan agenda saja. Tampilannya diperbaiki lebih baik.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)