Thursday, 18 July 2019

Kaukus Korban Hak Asasi Manusia dan Kriminalisasi oleh Rezim Jokowi

Kaukus Korban Hak Asasi Manusia dan Kriminalisasi oleh Rezim Jokowi

Oleh : Yudi Syamhudi Suyuti*

Jakarta, Swamedium.com — Assalamualaikum Wr Wb, Pertama–tama kami ingin menyampaikan bahwa hari ini kita berdiri tegak di tanah merdeka diatas Negara Republik Indonesia sebagai Negara yang sah kita miliki, dimana dalam konstitusi kita UUD 45 ditegaskan bahwa “Kedaulatan berada di tangan Rakyat.

Namun kita juga harus sadar bahwa hukum Internasional juga berdiri tegak di Negara kita yang dengannya kita menjadi Negara berdaulat atas pengakuan dunia Internasional sebagai salah satu komunitas Internasional. Dan ketika kita mewujudkan tentang Daulat Negara, saat itu juga kita wajib mewujudkan Daulat Rakyat.

Manifesto Indonesia yang kita kenal dengan “Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945’ dimana lahir melalui dialektika dalam kontrak sosial dan diperjuangkan dengan cara revolusi oleh para pelaku revolusioner, di dalamnya telah ditegaskan beberapa hal-hal fundamental tentang kemerdekaan yang sangat substansial yaitu :

1. Bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa.

2. Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa mendorong diri setiap manusia untuk menjadi bangsa yang berkhidupan bebas, maka Rakyat menyatakan kemerdekaannya.

3. Pernyataan tentang pembentukan pemerintah Negara Indonesia yang merupakan salah satu bagian dalam komunitas dan kepentingan dunia untuk mewujudkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan menjadi bangsa yang merdeka, ditegaskan dalam susunan sebuah sistem konstitusi UUD 45 untuk membentuk sistem Negara yang berkedaulatan Rakyat.

4. Republik Indonesia dibentuk dengan dasar yang salah satunya adalah, “kemanusiaan yang adil dan beradab.”
Dari hal-hal fundamental yang substansial tersebut, bahwa prinsip-prinsip Hak Azasi Manusia berada di dalam prinsip Kekuatan Rakyat Indonesia, yaitu Negara. Sehingga ketika kita memperjuangkan Hak-Hak Dasar kita sebagai Rakyat Pemilik Negara, tidak terlepas dari tatanan ruang kekuasaan hukum yang berdiri tegak sebagai Hukum Nasional dan Hukum Internasional.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)