Kamis, 16 September 2021

Fakta di Balik Kecelakaan Iqbal, Pebalap Ducati di Sentul

Fakta di Balik Kecelakaan Iqbal, Pebalap Ducati di Sentul

Bogor, Swamedium.com — Pebalap motor asal Jakarta bernama M Iqbal Hakeem meninggal dunia dalam kecelakaan maut yang dialaminya saat latihan track day dengan menunggangi motor sport Ducati Panigale V4S di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (12/1/2019).

Banner Iklan Swamedium

Luka di kepala Iqbal sangat serius dan tak bisa diselamatkan oleh tim dokter. Kecelakaan tersebut terjadi saat Iqbal terjatuh ketika memacu motor sport Ducati Panigale V4S dalam track day atau uji coba track.

Pihak Ducati juga mengirimkan ucapan belasungkawa dalam akun resmi media sosial mereka atas kematian Iqbal.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Korban mengalami luka parah di bagian kepala

Pebalap motor asal Jakarta bernama M Iqbal Hakeem meninggal dunia dalam kecelakaan saat latihan track day dengan menunggangi motor sport Ducati Panigale V4S di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (12/1/2019).

Kasubag Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Ita Puspita Lena menjelaskan, Iqbal meninggal setelah terjatuh dan kepalanya membentur aspal.

“Saat latihan, korban telah melengkapi Standar Operasional Prosedur (SOP) balap motor menggunakan pakaian dan helm sesuai standarnya,” kata Ita, Rabu (16/1/2019).

Setelah korban terjatuh, lanjut Ita, pihak panitia langsung membantu dan mengevakuasi korban ke RS EMC menggunakan ambulans milik Sentul International Circuit.

Berdasarkan keterangan saksi, lanjut dia, korban sudah terbiasa mengikuti kegiatan latihan tersebut.

2. Diduga Iqbal mengalami masalah pengereman

Untuk sementara, kecelakaan yang dialami oleh Iqbal karena masalah pengereman. Seperti diketahui, motor sport yang ditunggangi Iqbal merupakan jenis motor terkencang di kelasnya.

Ducati Panigale V4S diketahui memiliki kapasitas mesin 1103 cc. Diduga kuat Iqbal mengalami masalah saat pengereman dan membuatnya mengalami kecelakaan.

Sementara itu, pihak Ducati mengucapkan belasungkapa atas kejadian naas tersebut.

“You have all your duties fulfilled, in your heart, there was not guilt. So you shall forever stay at ease and in the heavens above, Ride In Peace @Iqbalgod86,” demikian bunyi ucapan belasungkawa di akun Facebook milik Ducati Indonesia.

3. Acara track day belum mendapat izin polisi

Usai kecelakaan maut di Sentul International Circuit, polisi menjelaskan, acara tersebut belum mengantongi izin aparat keamanan.

“Namun pada latihan yang dilaksanakan di Sentul International Circuit tidak ada pemberitahuan kegiatan ke Polsek setempat,” kata Ita, Rabu (16/1/2019).

Untuk itu, dua orang diperiksa oleh pihak Kepolisian Sektor Babakan Madang.

“Bener kejadiannya dua orang sudah dilakukan pemeriksaan. Dari pihak Sirkuit Sentul,” kata Kasubag Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Ita Puspita Lena, Rabu (16/1/2019).

Ita mengatakan, Iqbal meninggal setelah terjatuh dengan kepala terbentur aspal.

4. Kecelakaan Iqbal bukan yang pertama kali di Sirkui Sentul

Kabar kecelakan yang dialami Iqbal segera tersiar di media sosial. Sejumlah rekan sesama pebalap mengucapkan bela sungkawa.

Dilansir dari Tribunnews, kecelaakaan berujung maut di Sirkuit Sentul juga menimpa seorang pebalap dari PT Astra Honda Motor (AHM), Denny Triyugo, pada tahun 2014.

Denny menghembuskan napas terakhirnya setelah mengalami kecelakaan pada sesi latihan kejuaraan balap Indoprix di Sirkuit Sentul Internasional Karting Circuit, Bogor.

Saat menjalani sesi latihan Indoprix seri ketiga kelas 110cc berlangsung, Denny terjatuh dan mengalami cedera otak.

Namun kondisi Denny semakin memburuk hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 10 Agustus 2014 lalu, pukul 04.25 WIB.

Sumber: Kompas

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita